BerandaHistoryHari Lanjut Usia Nasional Jadi Upaya Negara Melindungi Kesejahteraan Sosial

Hari Lanjut Usia Nasional Jadi Upaya Negara Melindungi Kesejahteraan Sosial

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap 29 Mei memiliki nilai sejarah tersendiri sejak beberapa tahun silam. Bahkan Presiden Soeharto sebagai Presiden RI ke-2 pun memiliki alasan untuk meresmikan pencanangan Hari Lanjut Usia Nasional di Semarang pada 29 Mei tahun 1996 silam.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia mengamanatkan bahwa program atau kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia.

Alasannya karena lanjut usia memiliki pengalaman, keahlian, dan kearifan untuk berperan serta dalam pembangunan nasional.

Penetapan Hari Lanjut Usia Nasional ini sekaligus untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang di usia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Penerbit Iklan Google Adsense

Untuk Hari Lanjut Usia Internasional pun diketahui ditetapkan Sidang Umum PBB setiap 1 Oktober berdasarkan resolusi No. 45/106 tanggal 14 Desember 1990. Penetapan hari lansia internasional merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging (“Vienna Plan”) yang diputuskan di Wina tahun 1982 dengan resolusi No. 37/1982 yang melahirkan kesepakatan untuk mengundang bangsa-bangsa yang belum melaksanakan agar menetapkan hari bagi lanjut usia.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 adalah ‘Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat’.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS