Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizWapres Ma'ruf Ingin Indonesia Jadi Negara Produsen

Wapres Ma’ruf Ingin Indonesia Jadi Negara Produsen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin mengungkapkan visi Indonesia untuk menjadi salah satu negara produsen. Untuk itu, salah satu prioritas negara saat ini adalah memastikan terwujudnya sumber daya manusia (SDM) sebagai generasi produksi.

“Dalam mewujudkan visi besar menjadi Negara maju di tengah gempuran tantangan dan krisis seperti yang terjadi sekarang, bangsa kita makin membutuhkan ahli-ahli di berbagai bidang,” ujar Ma’ruf Amin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/5).

Ma’ruf pun meminta seluruh pemangku kepentingan untuk dapat bekerja sama, agar makin banyak masyarakat Indonesia yang bisa menempuh pendidikan tinggi dan menjadi generasi produksi.

“Generasi muda dan kaum terdidik harus menjadi generasi baru yang mendorong semangat produktivitas dan nilai tambah ekonomi, bukannya menjadi makelar pembangunan atau pelaku pemburu rente,” katanya.

Saat ini, dia memerinci jumlah warga negara Indonesia yang mengenyam pendidikan tersier masih sangat sedikit.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri pada 2022 hanya sekitar 0,02 persen dari 275 juta penduduk Indonesia yang berpendidikan S3.

Dia melanjutkan, bahwa saat ini yang berpendidikan S2 ada sekitar 0,3 persen dan tidak sampai 5 persen warga negara yang berpendidikan S1. Sehingga, total hanya 6 persen orang Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan yang mendasar bagi Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.