Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Pak Bas Sebut Perbaikan Jalan Rusak Dimulai Juli

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan, bahwa pihaknya belum mengambil langkah lanjut terkait perbaikan jalan rusak di sejumlah daerah, seperti Lampung dan Jambi.

Pria yang akrab disapa Pak Bas itu mengatakan, perbaikan jalan rusak yang diambil alih pemerintah pusat baru dimulai pada Juli mendatang.

“Belum ada penanganan dari pusat, karena Pak Presiden minta Juli mulai,” ujar Basuki dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (25/5).

Sejauh ini, Kementerian PUPR harus menyelesaikan dokumen penganggaran dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Lebih lanjut, Basuki mengatakan bahwa Presiden Jokowi sejatinya telah menginstruksikan perbaikan ruas jalan di daerah sejak Februari lalu melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Namun sayangnya, tidak dirincikan ruas jalan mana saja yang akan diperbaiki.

Dalam inpres tersebut, Presiden Jokowi hanya menginstruksikan Kementerian PUPR dan Kemenkeu untuk merumuskan kriteria ruas jalan yang hendak diperbaiki, serta kebutuhan anggarannya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menginstruksikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pemerintah daerah (pemda) untuk menyiapkan dukungan kebijakan yang diperlukan.

Inpres tersebut, kata Pak Bas, berlaku untuk rekonstruksi jalan provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia yang akan diakuisisi pemerintah pusat. Hal itu karena banyaknya aduan tentang jalan rusak yang masuk ke presiden.

“Diputuskan untuk ada Inpres walaupun sudah ada DAK, jadi ini merupakan percepatan, karena ini jalan daerah,” kata Basuki.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru