Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Menteri Basuki Akui Godaan Korupsi Sangat Besar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengakui bahwa godaan korupsi di proyek-proyek infrastruktur sangatlah besar.

Bahkan kata dia, godaan untuk melakukan perilaku yang tidak terpuji itu menyasar sampai ke keluarga, mulai dari istri, anak, hingga saudara dan kerabat.

“Untuk itu pasti godaannya sangat besar, kalau menterinya digoda enggak bisa ke dirjen, dirjen enggak bisa mesti ke istrinya, istri enggak bisa ke anak-anaknya, lalu ke saudaranya,” kata Basuki dalam di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (25/5) yang dikutip Holopis.com.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan KPK, kata Basuki, 70 persen penyimpangan yang ada di Kementerian PUPR mulai dari perencanaan, pengadaan barang dan jasa, hingga sampai dengan pelaksanaannya.

Dia pun mengakui, bahwa godaan untuk melakukan tindak pidana korupsi ini kerap datang saat proses pengadaan atau tender. “Biasa, kan orang kalau mau menang tender inginnya menang” tukas Basuki.

Basuki sendiri mengaku belum pernah mendapatkan godaan secara langsung, termasuk dalam bentuk sogokan dengan nilai miliaran rupiah.

Kendati demikian, ia mengatakan telah mendesain sembilan strategi pencegahan korupsi, yang diantaranya memperkuat direktorat kepatuhan internal hingga memisahkan proses perencanaan dan pelaksanaan di tiap direktorat jenderal dengan proses pengadaannya.

“Sehingga sesuai kaidah pengawasan internal kita, kan ada three lines of defence istilahnya BPKP itu, ada di balai-balai, kalau itu tembus baru ke ditjen, kalau ditjen tidak bisa ditangani, baru ke itjen, jadi bisa kita deteksi lebih dini, itu salah dua dari sembilan strategi,” tegas Basuki.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru