Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Keren! Pandawara Group dan Masyarakat Banten Bersihkan Pantai Teluk dari Gunungan Sampah

HOLOPIS.COM, BANTEN – Pandawara Group kembali menyita perhatian usai melakukan aksi pembersihan sampah di pantai Teluk di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Awalnya kelompok pemuda ini memperlihatkan kondisi pantai Teluk tersebut, dimana tak terlihat adanya pasir di pantai karena tertutup tumpukan sampah. Mereka pun mengklaim bahwa pantai Teluk merupakan pantai terkotor di Indonesia.

Dalam unggahan di media sosial, mereka mengajak masyarakat terutama warga sekitar pantai untuk ikut melakukan aksi pembersihan pantai tersebut dari tumpukan sampah.

Unggahan video ajakan tersebut pun beredar viral di media sosial dan akhirnya banyak warga berdatangan bahkkan aparat pemprov Banten dan pihak kepolisian ikut membantu aksi terpuji ini.

“Ini adalah proses pembersihan pantai terkotor dan terburuk di Indonesia yang melibatkan seluruh kalangan masyarakat dan instansi pemerintahan Provinsi Banten,” ujar salah satu anggota dari Pandawara Group seperti dikutip oleh Holopis.com, Kamis (25/5).

@pandawaragroup

tidak ada ruang untuk kerusakan lingkungan #pandawara #onedayonetrashbag

♬ suara asli – pandawara – pandawara

Tak hanya aparat dari instansi pemerintahan, bahkan siswa sekolah dasar hingga menengah atas pun ikut membantu membersihkan pantai tersebut. Tak butuh waktu lama, sudah terlihat banyak sampah yang dikumpulkan dalam kantong plastik dan karung besar yang kemudian akan dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Sekedar untuk diketahui, Pandawara Group adalah suatu kelompok yang beranggotakan lima pemuda asal Bandung, Jawa Barat yang viral setelah kegiatan membersihkan sungai-sungai kotor di sekitar tempat tinggal mereka menginspirasi banyak orang.

Setelah satu tahun berjalan, mereka berhasil mengumpulkan 27.066 kilogram sampah dan mengangkutnya dalam 4.511 kantong sampah di 78 saluran air, termasuk sungai besar, sungai kecil dan septic tank di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru