Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD Bongkar Kecurangan Pemilu Presiden

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD mengklaim pelaksanaan Pemilu selalu saja mengalami kecurangan tanpa terkecuali.

Mahfud pun menyatakan, belajar dari pengalaman yang sudah ada akan selalu berisi kecurangan, bahkan Pemilu yang akan datang.

“Saya mengatakan begini, apakah Pemilu kita itu akan bebas dari kecurangan. Tidak, Pemilu itu pasti diwarnai kecurangan. Yang kemarin dan besok,” kata Mahfud dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (24/5).

Seperti pada Pemilu di orde Baru (orba), mantan hakim konstitusi itu menyebutkan kecurangan Pemilu jelas-jelas dilakukan oleh pemerintah yang waktu itu dipimpin oleh Soeharto.

“Kalau dulu zaman Orba tak bisa dibantah, curang. Itu yang curang pemerintah, terhadap rakyat,” klaimnya.

Namun, pada Pemilu 5 periode terakhir, termasuk yang akan berlangsung 2024 mendatang, Mahfud mengklaim kecurangan justru dilakukan peserta Pemilu.

“Apakah besok ada kecurangan, pasti ada. Sudah lima kali Pemilu kita, tahun 1999, 2004, 2009 , 2014, 2019 curang terus,” tuturnya.

“Tetapi beda, yang curang sekarang itu adalah peserta Pemilu sendiri. Bukan pemerintah,” sambungnya.

Mahfud mengatakan partai politik juga saling menggugat karena merasa dicurangi. Dia mengatakan gugatan itu terkait dengan perolehan suara.

“Misalnya partai a menggugat b, b menggugat c, c menggugat f. Saling menggugat gitu karena merasa dicurangi. Siapa, yang curang biasanya pesertanya membayar orang di TPS. Memalsu suara perjalanan dari TPS ke kelurahan, dari kelurahan ke kecamatan,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru