Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini 4 Tips Atasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gigi bungsu yang sedang tumbuh menjadi pengalaman tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Hal ini karena, biasanya tumbuhnya gigi bungsu disertai rasa nyeri yang sangat mengganggu, bahkan diikuti dengan pembengkakan gusi serta demam.

Pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, bila gigi bungsu ingin tumbuh dan tidak mendapat ruang cukup dalam gusi, kondisi inilah yang menimbulkan rasa sakit. Akibatnya, beberapa orang akan sulit mengunyah, terasa sangat ngilu, bahkan demam.

Tak perlu khawatir, anda bisa meredakan rasa nyeri yang muncul saat gigi bungsu tumbuh dengan melakukan tips-tips berikut. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, Selasa (23/5).

1. Kompres Rahang yang Bengkak menggunakan Es

Tumbuhnya gigi bungsu menimbulkan rasa nyeri, bahkan bengkak. Hal ini terjadi karena, gigi bungsu tidak mendapat cukup ruang dalam gusi. Untuk mengurangi nyeri dan bengkak, anda bisa mengompres rahang tempat gigi bungsu tumbuh menggunakan es atau air dingin selama 15-20 menit. Lakukan beberapa kali bila diperlukan, serta hindari mengompres dengan air hangat.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam sebagai obat pereda sakit gigi sudah tidak diragukan lagi. Tak hanya itu, larutan air garam juga ampuh untuk mengobati sakit yang ditimbulkan saat gigi bungsu tumbuh. Larutan ini bermanfaat untuk membersihkan daerah sekitar gigi dan menghilangkan cairan yang menjadi penyebab pembengkakan. Cara pembuatannya juga terbilang mudah, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Tips ini dijamin efektif, karena rasa nyeri akan segera mereda setelah anda berkumur air garam selama beberapa menit, adapun anda juga dapat berkumur beberapa kali sehari bila perlu.

3. Obat Kumur

Berkumur menggunakan obat kumur, dapat menjadi pilihan tepat untuk meredakan rasa nyeri akibat tumbuhnya gigi bungsu. Anda dapat memilih obat kumur yang mengandung chlorhexidine, karena diketahui dapat dengan efektif membantu mengurangi rasa sakit.

4. Obat Penghilang Nyeri

Bila rasa nyeri akibat tumbuhnya gigi bungsu sudah tak tertahankan, konsumsilah obat pereda rasa nyeri yang diresepkan oleh dokter ataupun obat pereda nyeri lainnya yang dijual bebas di pasaran. Adapun obat yang dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen, selain itu dokter juga bisa memberikan antibiotik untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi.

Itulah beberapa tips mengatasi nyeri dan sakit yang ditimbulkan, akibat tumbuhnya gigi bungsu, cara-cara sederhana ini dapat anda lakukan di rumah saja.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru