HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia, ditetapkan berdasarkan hari berdirinya Boedi Oetomo (BO) pada 20 Mei 1908.

Penetapan hari kebangkitan nasional tersebut, diperkuat dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Dengan tema “Semangat Untuk Bangkit” di tahun 2023 ini, mengingatkan bahwa semangat Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Berdasarkan tema tersebut, berikut logo untuk peringatan Harkitnas ke-115 tahun 2023 ini :

Logo harkitnas 2023
Logo Harkitnas ke-115 tahun 2023.

Berikut adalah link untuk mendownload logo Harkitnas ke-115:

Link Dowload Logo Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional :

Seperti kita ketahui, Hari Kebangkitan Nasional lahir seiring berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Karena di masa itu, banyak ancaman ideologi di tengah upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda yang ingin merebut kembali kekuasaannya.

Organisasi budi oetomo
Organisasi Budi Oetomo

Boedi Oetomo sendiri merupakan organisasi modern pertama di Indonesia sejarah pergerakan kemerdekaan. Organisasi prakemerdekaan ini aktif bergerak di berbagai bidang khususnya pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan tanpa melibatkan unsur politik.

Tujuan didirikannya organisasi Boedi Oetomo antara lain untuk menyadarkan masyarakat Indonesia, melestarikan budaya dan berupaya meningkatkan taraf hidup lewat pendidikan.

Konsep Boedi Oetomo kemudian banyak dicontoh dan memelopori lahirnya organisasi pergerakan serupa di berbagai daerah di Indonesia, seperti seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, Muhammadiyah, dan lainnya.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Bangkit negeriku, bangkit Indonesiaku.