HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi bersama Iriana Jokowi terbang ke Hiroshima, Jepang untuk melakukan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga sekaligus memenuhi undangan khusus yang disampaikan Perdana Menteri Jepang.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 yaitu Perdana Menteri Kishida Jepang,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/5).

Dalam pertemuan G7 tersebut, Jokowi rencananya akan membawa sejumlah pembahasan seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya.

“Indonesia akan membawa suara dari global south yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu,” terangnya.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa beberapa poin hasil dari KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo juga akan dibawa dalam pertemuan tersebut.

“Berkaitan dengan Myanmar misalnya,” imbuhnya.

Selain menghadiri KTT G7, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Presiden juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.