HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bisul merupakan gangguan kesehatan kulit, yang ditandai dengan benjolan kemerahan pada kulit dan terasa nyeri saat disentuh. Penyebab bisul adalah bakteri staphylococcus aureus, yang memicu peradangan di area folikel rambut.

Gangguan ini rentan muncul di area tubuh yang lembab dan berminyak seperti, selangkangan, ketiak, pantat, leher, wajah, dan area kemaluan. Selain itu, bisul juga bisa tumbuh di kelopak mata dan dikenal dengan istilah bintitan. Gejala yang ditimbulkan berupa, benjolan merah yang membesar seiring dengan bertambahnya waktu.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini guna mengetahui beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bisul, serta tidak menimbulkan efek samping. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Rabu (17/5).

1. Kompres Hangat

Suhu panas diketahui dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di area bisul. Selain itu, langkah kompres hangat juga dapat membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi. Caranya, cukup masukan air hangat ke dalam botol dan kompres bisul selama 20 menit, lakukan sebanyak 3-4 kali sehari.

2. Bubuk Kunyit

Obat alami berikutnya yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bisul yaitu, bubuk kunyit. Memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, membuat kunyit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul. Penggunaannya, campurkan kunyit dengan air dan jahe hingga bertekstur seperti pasta, lalu oleskan bahan alami tersebut pada area bisul sebanyak 2 kali sehari.

3. Minyak Pohon Teh

Dengan kandungan bersifat antibakteri dan antiseptik, membuat minyak pohon teh menjadi salah satu obat alami pilihan untuk mengatasi bisul. Caranya, campurkan 5 tetes minyak dengan 1 sendok minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu oleskan pada bisul sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Minyak Jarak

Minyak jarak diketahui mengandung senyawa asam risinoleat yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Sehingga menjadi salah satu obat alami pilihan untuk mengatasi bisul, caranya oleskan sedikit minyak ke area bisul sebanyak 3 kali sehari, dan lakukan langkah ini hingga bisul benar-benar menghilang.

5. Minyak Nimba

Bersifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba minyak nimba dipercaya dapat membantu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul. Penggunaannya, cukup oleskan minyak ke area bisul sebanyak 3-4 kali sehari, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah mengoleskan.

6. Garam Epsom

Selanjutnya, bahan alami yang dapat digunakan untuk menjadi obat mengatasi bisul yaitu garam epsom. Caranya, larutkan garam dengan air hangat, lalu kompres bisul menggunakan campuran tersebut selama 20 menit, lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Itulah beberapa obat alami pilihan yang dapat membantu penyembuhan bisul. Namun, bila bisul tak kunjung sembuh meski telah melakukan berbagai perawatan rumahan, segera periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih tepat dan cepat.