HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kudis atau scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Kondisi ini diketahui dapat menyebar dengan cepat, baik secara langsung dari kulit ke kulit, maupun tidak langsung seperti kontak dengan benda terkontaminasi tungau.

Meski begitu, penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat medis dan obat alami scabies. Umumnya, bila menggunakan obat medis scabies dapat sembuh dalam beberapa pekan, namun penggunaan obat medis yang tak sesuai anjuran dokter berisiko menimbulkan efek samping dan resisten obat.

Oleh karena itu, sebagian penderita memilih obat alami karena efek sampingnya kecil dan cenderung aman. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa apa saja obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kudis, seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (17/5).

1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan memang telah digunakan bertahun-tahun lamanya sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional. Rempah yang satu ini memiliki efek antioksidan dan antiradang, sehingga dapat membantu melawan berbagai penyakit termasuk pengobatan kudis.

Penggunaannya, cukup campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dan beberapa tetes air lemon dalam mangkuk, lalu aduk hingga merata serta membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada area kulit yang terinfeksi, tunggu selama beberapa menit dan bersihkan. Cara ini dapat membantu meredakan gejala gatal dan ruam akibat scabies.

2. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil, merupakan salah satu obat tradisional untuk mengatasi kudis. Meski begitu, studi mengatakan tea tree oil dapat membunuh tungau namun dengan waktu yang relatif lebih lama, yakni 30 menit pada dosis 10 persen.

Cara menggunakan, larutkan minyak esensial pada carrier oil dan campurkan dengan 50-100 mililiter carrier oil, lalu oleskan minyak tersebut dari leher hingga ujung kaki sebanyak dua kali sehari, lakukan selama tujuh hari.

3. Minyak Cengkeh

Berikutnya, obat scabies alami yang dapat digunakan yaitu minyak cengkeh. Hal ini karena, minyak esensial ini memiliki kandungan kimia yang diketahui dapat membunuh parasit pada hewan dan manusia.

Selain itu, berdasarkan studi Journal Parasite & Vector minyak cengkeh diketahui mampu membunuh tungau dalam 15 menit, sayangnya penggunaan minyak ini dapat memicu timbulnya iritasi kulit. Itu sebabnya, agar lebih aman konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk penggunaannya sebagai obat kudis alami.

4. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dilansir dari National Center for Complementary and Integrative Health, manfaat yang dimiliki diantaranya yaitu meredakan jerawat, nyeri akibat terbakar, gatal dan ruam, serta membantu menenangkan psoriasis. Tak hanya itu, gel lidah buaya juga dipercaya dapat mengobati luka scabies.