Selain itu, kandungannya juga dapat mempercepat penyembuhan sariawan serta mencegah peradangan agar tidak meluas. Penggunaannya, campurkan bubuk tawas dengan beberapa tetes air hingga membentuk pasta, oleskan pasta tersebut pada sariawan di bibir, lalu diamkan selama 1 menit, kemudian bilas hingga bersih. Ulangi penggunaan sampai sariawan benar-benar menghilang, anda juga perlu memastikan tidak menjilat dan menelan pasta tawas.

5. Teh Chamomile

Bahan alami berikutnya yang dipercaya dapat mengatasi sariawan adalah, teh chamomile. Bunga yang berasal dari Jerman ini mengandung senyawa azulene dan levomenol, yang diyakini bersifat antiradang serta antiseptik sehingga dapat membantu meredakan sariawan.

Cara menggunakannya, anda dapat menyeduh teh chamomile, ambil kantong teh dan tempelkan ke bagian sariawan. Kemudian, teh chamomile yang sudah diseduh dapat anda minum atau gunakan untuk berkumur agar mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Perlu diingat, selalu penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi dengan konsumsi buah dan sayur. Hal ini bertujuan untuk mencegah sariawan muncul lagi, pastikan pula selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut anda.