HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1994, Hari Keluarga Internasional diperingati setiap tanggal 15 Mei untuk menghormati pentingnya keluarga.

Tahun-tahun terpenting kita dihabiskan bersama keluarga kita dan orang-orang itu kemungkinan besar adalah orang terpenting dalam hidup kita, jadi mereka harus dirayakan. Mari luangkan waktu hari ini untuk menemukan cara melindungi anggota keluarga dimulai dari rumah sendiri

SEJARAH HARI KELUARGA INTERNASIONAL

International day of families
Sejarah hari keluarga internasional yang ditetapkan oleh PBB. [Foto: un.org]
Dilansir dari situs resmi PBB, selama tahun 1980-an, Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai memusatkan perhatian pada isu-isu yang berkaitan dengan keluarga. Pada tahun 1983, berdasarkan rekomendasi Dewan Ekonomi dan Sosial, Komisi Pembangunan Sosial dalam resolusinya tentang Peran Keluarga dalam Proses Pembangunan (1983/23) meminta Sekretaris Jenderal untuk meningkatkan kesadaran di antara para pembuat keputusan dan publik tentang masalah dan kebutuhan keluarga, serta cara-cara efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Lalu pada tanggal 29 Mei 1985, Dewan mengundang Majelis Umum untuk mempertimbangkan kemungkinan memasukkan dalam agenda sementara sesi ke-41 berjudul “Keluarga dalam proses pembangunan”, dengan pandangan untuk mempertimbangkan meminta Sekretaris Jenderal untuk memulai proses pengembangan kesadaran global tentang isu-isu yang terlibat, diarahkan kepada Pemerintah, organisasi antar pemerintah dan non-pemerintah dan opini publik.

Kemudian, berdasarkan rekomendasi dari Komisi Pembangunan Sosial, yang dirumuskan dalam sesi putaran ke-30, Majelis mengundang semua Negara untuk menyampaikan pandangan mereka tentang kemungkinan proklamasi tahun keluarga internasional dan untuk memberikan komentar dan proposal mereka.

Pada tahun 1993, Majelis Umum memutuskan dalam sebuah resolusi (A/RES/47/237) bahwa tanggal 15 Mei setiap tahun harus diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional. Hari ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang berkaitan dengan keluarga dan untuk meningkatkan pengetahuan tentang proses sosial, ekonomi dan demografi yang mempengaruhi keluarga.

Pada tanggal 25 September 2015, 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan suara bulat mengadopsi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, seperangkat 17 tujuan yang bertujuan untuk menghilangkan kemiskinan, diskriminasi, pelecehan dan kematian yang dapat dicegah, mengatasi kerusakan lingkungan, dan mengantarkan era pembangunan untuk semua. orang, di mana-mana. Keluarga dan kebijakan serta program berorientasi keluarga sangat penting untuk pencapaian banyak dari tujuan ini.

TEMA HARI KELUARGA INTERNASIONAL 2023

Tahun 2023 ini, Hari Keluarga Internasional mengambil tema “Keluarga dan Perubahan Demografi”. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan rasa awareness mengenai perubahan demografi serta dampak yang dirasakan oleh keluarga.

Tema ini juga berlandaskan data pertambahan penduduk yang akan terus berlanjut meskipun dengan laju yang menurun. Diproyeksikan mencapai 9,8 miliar pada tahun 2050 dan 11,2 miliar pada tahun 2100 meningkatkan kekhawatiran tentang prospek urbanisasi berkelanjutan dan pengelolaan perubahan iklim.