Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ini 5 Cara Ampuh Atasi Mata Merah, Catat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling krusial, pasalnya mata diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga, ketika muncul masalah mata seperti mata merah, tentunya membuat pengidapnya merasa tidak nyaman.

Kondisi ini umum terjadi, mata merah ditandai dengan berubahnya warna pada bagian putih pada mata yang menjadi kemerahan. Namun, tak perlu khawatir sebab kondisi ini tidak disertai dengan gejala lain dan hanya terbilang sebagai gangguan mata ringan, karena masih dapat diatasi di dari rumah saja dan dengan perawatan sederhana.

Adapun penyebab mata merah yang umum terjadi yaitu, alergi, blefaritis, mata merah muda (konjungtivitis), mata kelelahan, atupun mata kering. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana saja cara mengatasinya, seperti yang tela dirangkung Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Sabtu (13/5).

1. Hindari Penggunaan Riasan Mata

Ketika mengalami kondisi mata merah, sebaiknya hindari penggunaan riasan mata. Selain itu, pastikan selalu membersihkan setiap riasan mata menggunakan bahan dan cara yang tepat guna menghindari kondisi mata merah.

2. Kompres Mata yang Merah

Saat mata merah, anda dapat mengatasinya dengan kompres. Siapkan wadah berisi air dingin dan hangat, gunakan kain yang lembut untuk mengompres mata, lalu kompres bagian mata secara bergantian. Kompres dingin dan hangat selama 3 hingga lima menit, kemudian keringkan area mata yang baru saja di kompres.

3. Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Bila mengalami kondisi mata merah, sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak. Namun, dalam keadaan terdesak dan harus menggunakan, anda harus batasi penggunaannya. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum menggunakan atau melepas lensa kontak, serta pastikan juga cairan yang digunakan untuk menyimpan lensa kontak masih dalam kualitas yang baik.

4. Jangan Menggaruk Mata Merah

Berikutnya, jika anda sedang mengalami mata merah usahakan agar tidak menggaruknya. Sebaiknya, bila merasa mata merah dan gatal apalagi sampai mengganggu, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit agar mendapat penanganan yang tepat.

5. Istirahatkan Mata

Tips terakhir untuk mengatasi mata merah yaitu, mengistirahatkannya. Anda dapat melakukannya dengan menghindari gadget atau memejamkan mata, selain itu anda juga dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan mata. Hindari juga kebiasaan merokok, pasalnya paparan asap rokok dapat memicu mata merah.

Itulah beberapa cara ampuh atasi mata merah yang dapat anda lakukan dari rumah saja. Namun, jika kondisi ini tidak membaik dalam beberapa hari dan bersamaan dengan gejala lainnya seperti nyeri pada mata, muncul kotoran mata, area mata mengalami pembengkakan, hingga gangguan penglihatan, kondisi ini menunjukkan mata anda membutuhkan perawatan medis jadi sebaiknya segera kunjungi dokter, bila mata merah tak kunjung sembuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru