Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizCerita Luhut Habis-habisan Dorong Subsidi Mobil Listrik

Cerita Luhut Habis-habisan Dorong Subsidi Mobil Listrik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan, bagaimana dirinya mendorong penuh kebijakan insentif atau subsidi kendaraan listrik electric vehicle (EV).

Dia mengatakan, bahwa keseriusan dirinya mendorong kebijakan subsidi kendaraan listrik itu dilakukannya sampai harus ribut dengan sejumlah pihak, salah satunya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani selaku bendahara negara.

“EV itu saya dorong habis-habisan. Saya kadang berkelahi dengan Menkeu. Mereka bilang wah ini insentif. Ini kan emisi karbon, harus kita dorong, kasih insentif juga,” kata Luhut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (14/5).

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan olehnya, Luhut dibuat geram ucapan Anies Baswedan yang mengkritik kebijakan pemerintah terkait subsidi mobil listrik tersebut.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, kebijakan pemerintah terkait mobil listrik salah sasaran. Selain itu, Anies juga menilai kebijakan tersebut hanya akan meningkatkan emisi karena volume kendaraan meningkat.

Mendengar kritikan tersebut, Luhut menegaskan, bahwa pihaknya di pemerintahan, telah melakukan studi yang komprehensif sebelum memutuskan untuk memberikan subsidi mobil listrik.

“Mobil listrik sudah ada studi komprehensif. Saya kira seluruh dunia, bukan hanya kita. Jadi jangan lawan arus dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut kemudian menegaskan bahwa keputusan pemerintah dalam memberikan insentif motor listrik sudah menjadi keputusan yang bagus.

“Gampang kok, benchmark saja dengan Thailand atau Vietnam. Kalau Vietnam dan Thailand bisa kasih, masa kita tidak bisa? Kalau insentif tidak bagus sama saja kita bunuh diri,” tukas Luhut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.