HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi yang besar kepada jajaran TNI dan Polri yang terus bersinergi untuk mengamankan KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, NTT, secara aman dan lancar terkendali.

“Jadi, yang pertama kami berterima kasih kepada seluruh anggota Polri dan juga terima kasih serta sinergisitas jajaran TNI,” kata Kapolri dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Kamis (11/5).

Dua institusi keamanan negara tersebut saling menjaga pos masing-masing yang telah ditetapkan. Kapolri menerangkan bahwa seluruh pengamanan di ring 1 dan ring 2, adalah menjadi domain Panglima TNI Yudo Margono.

Sementara untuk dirinya sebagai Kapolri, domainnya ada di ring tiga. Semuanya bisa diisi dengan kemampuan semaksimal mungkin, serta dibarengi dengan kekompakannya.

“Karena memang untuk operasi pengamanan KTT ASEAN ini, terbagi menjadi ring-ring. Dimana Bapak Panglima tentunya bertanggung jawab secara penuh untuk melaksanakan pengamanan. Dan Polri dalam sisi bersama-sama membantu pelaksanaan pengamanan dan secara khusus, tugas tanggung jawab kita ada di ring 3. Pak Panglima di ring 1 dan 2, sehingga seluruh rangkaian tersebut berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan aman,” jelasnya.

Kekompakan dan profesionalisme menjadi ujung tombak kelancaran dan kesuksesan pengaman acara kenegaraan tersebut.

“Termasuk tadi malam rangkaian kegiatan Welcome Dinner juga tuntas. Seluruh kepala negara dan delegasi saya lihat betul-betul bisa enjoy menikmati suasana yang ada serta menikmati keindahan alam Labuan Bajo,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut menyampaikan, bahwa memang sejak awal pihaknya telah menggelar Tactical Floor Game (TFG) untuk memetakan segala bentuk permasalahan yang bisa terjadi ketika pelaksanaan KTT ASEAN 2023 tersebut berlangsung.

Selanjutnya, ada juga pengoptimalan 91 Command Center yang menjadi pusat kendali operasi pengamanan seluruh rangkaian acara tersebut. Dari sana, pimpinan keamanan negara tersebut bisa langsung melihat dan berkomunikasi dengan seluruh petugas di lapangan yang dilengkapi body worn camera, handy talky (HT), serta alat komunikasi lainnya yang langsung terhubung.

Dengan demikian Kapolri Jenderal Sigit menegaskan, bahwa seluruh pelaksanaan tugas yang telah dilakukan oleh jajaran baik dari unsur TNI, Polri dan stakeholder terkait lainnya telah berjalan dengan baik.