4. Membersihkan Ingus dengan Benar

Ketika mengalami hidung meler atau ingusan, ada baiknya untuk selalu membersihkannya saat keluar dibanding harus menariknya masuk kembali dengan potensi membawa tambahan bakteri dari udara yang dihirup. Namun, pastikan anda melakukannya dengan cara yang benar yaitu dengan perlahan, jangan terlalu kencang karena dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah hidung lainnya, kemudian tekan satu jari pada sisi lubang hidung, lalu keluarkan ingus dengan lembut, sesudah itu lakukan sebaliknya guna membersihkan lubang hidung lainnya.

5. Konsumsi Obat

Cara terakhir yang dipercaya efektif dan ampuh mengatasi hidung meler atau ingusan, adalah minum obat. Agar terbebas dari hidung tersumbat, anda dapat menggunakan bantuan obat dekongestan atau antihistamin, kedua jenis obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter. Penggunaanya, dapat membantu kurangi hidung tersumbat serta lendir yang menumpuk secara berlebihan.

Itulah beberapa tips atasi hidung meler atau ingusan yang mengganggu, namun bila tak kunjung sembuh setelah mencoba berbagai cara yang telah dijabarkan atau cara lainnya untuk mengatasi hidung meler. Segera kunjungi dan periksakan kesehatan anda pada fasilitas kesehatan terdekat, agar mendapat perawatan yang tepat.