Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WHO Sudah Akhiri Status Darurat Covid-19, Indonesia Kapan?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah memutuskan untuk mengakhiri status darurat Covid-19 secara global. Keputusan ini tentu menjadi kabar gembira bagi setiap negara, termasuk Indonesia.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Ahli Epidemiologi, Dicky Budiman mengatakan, bahwa pencabutan status darurat Covid-19 oleh WHO menjadi lampu hijau bagi pemerintah Indonesia untuk mencabut darurat Covid-19 di tingkat nasional.

“Artinya dari pencabutan ini, kita bisa mencabut status kedaruratan Covid-19 di tingkat nasional,” kata Dicky dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (6/5).

Meski begitu, Dicky menilai Indonesia masih perlu melakukan evaluasi atau introspeksi bagaimana sistem kesehatan saat ada Covid-19. Sebab menurutnya, sistem kesehatan tersebut penting sebagai deteksi dini ketika terjadi wabah.

Lebih lanjut, Dicky juga menyinggung perihal penerapan protokol kesehatan (prokes). Menurutnya, penerapan prokes harus tetap dijalankan karena kondisi saat ini yang masih dalam masa transisi.

“Pencabutan ini tidak lah berarti menghilangkan secara otomatis dampak langsung maupun tidak langsung dari Covid-19 sendiri. Butuh beberapa tahun sebagai masa transisi,” sambungnya.

Dicky pun mengingatkan, bahwa penyebaran Covid-19 masih menjadi ancaman yang perlu untuk diwaspadai.

“Bukan berarti berhenti penyebarannya. Malah bsia akan cenderung bisa lebih serius dalam artian ada potensi jangka menengah aja juga panjang itu disebut long Covid-19,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru