Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global untuk Covid-19

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Kesehatan dunia atau WHO memutuskan untuk mengakhiri status darurat kesehatan masyarakat global untuk Covid-19. Keputusan itu disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Dia mengatakan, bahwa keputusan itu dikeluarkan oleh pihaknya setelah mendapat rekomendasi dari komite darurat WHO dalam pertemuan yang berlangsung pada Kamis lalu.

“Saya telah menerima saran itu. Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global.” tegas Tedros, Jumat (5/5), yang dikutip Holopis.com.

Dia mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 berada dalam tren penurunan selama lebih dari setahun. Penurunan tren tersebut seiring dengan kekebalan populasi yang meningkat berkat adanya vaksinasi dan infeksi virus Corona itu sendiri.

“Tren ini telah memungkinkan sebagian besar negara untuk hidup kembali seperti yang kita ketahui sebelumnya. Covid-19,” kata Tedros.

Meski begitu, Tedros mencatat bahwa masih ada catatan kasus meninggal karena Covid setiap tiga menit pada pekan lalu.

Dia berharap, keputusan berakhirnya status darurat kesehatan global untuk Covid-19 itu tidak dijadikan alasan untuk mengendorkan protokol kesehatan.

Dia pun meminta seluruh negara di dunia untuk mengimbau rakyatnya agar tetap waspada terhadap penularan virus Covid-19 yang telah melumpuhkan dunia selama lebih dari 3 tahun tersebut.

“Hal terburuk yang dapat dilakukan negara mana pun sekarang adalah menggunakan berita ini sebagai alasan untuk lengah, untuk membongkar sistem yang telah dibangunnya, atau untuk mengirim pesan kepada rakyatnya bahwa Covid-19 tidak perlu dikhawatirkan,” tukas Tedros.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru