Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini 5 Cara Hilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis, Yang Suka Mewek, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ada saatnya dimana kita tidak ingin orang lain mengetahui bahwa kita baru saja selesai menangis. Sayangnya, menangis meninggalkan tanda yang jelas berupa mata bengkak. Namun, jangan khawatir ada beberapa cara menghilangkan bengkak setelah menangis baik kelopak mata bawah, atas, atau keduanya.

Perlu diketahui terlebih dahulu, penyebab mata bengkak setelah menangis. Pasalnya, air mata yang keluar disaat menangis merupakan reaksi luapan emosi yang memiliki kadar air lebih tinggi. Sehingga, ketika jaringan mata mengandung cukup banyak garam dan sedikit air, akan menyerap kelebihan air ini saat anda menangis. Oleh karena itu, mata mudah bengkak setelah menangis.

Simak penjelasan berikut ini agar mengetahui cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis, serti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Jumat (5/5).

1. Kompres Dingin
Tips pertama atasi mata bengkak setelah menangis yaitu, dengan kompres dingin. Pejamkan mata anda, lalu letakkan handuk atau kain yang telah direndam air dingin ke area mata selama 10 menit. Dengan menggunakan cara ini, dapat membantu menyempitkan pembuluh darah serta mengurangi aliran cairan ke jaringan lunak sekitar mata.

2. Kompres dengan Irisan Timun Dingin
Selanjutnya, irisan timun dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Cukup lakukan beberapa langkah seperti, cuci timun yang sudah didinginkan terlebih dahulu, lalu potong timun menjadi 2 irisan, setelah itu letakkan irisan timun tersebut ke mata anda, lakukan hingga timur terasa tidak dingin lagi.

3. Tidur dengan Meninggikan Kepala
Cara hilangkan mata bengkak setelah menangis yang berikutnya adalah, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Tak hanya dapat mengurangi bengkak, cara ini juga mungkin dibutuhkan agar hati anda jauh lebih tenang dan rileks.

4. Kompres dengan Kantung Teh Dingin
Kompres mata menggunakan kantung teh dingin juga dapat membantu menghilangkan, mata bengkak setelah menangis. Anda hanya perlu membasahi 2 kantung teh, lalu disimpan dalam kulkas selama 20 menit, kemudian letakkan kantong teh tersebut di mata anda, lakukan selama 15 sampai 30 menit agar mata bengkak anda setelah menangis kembali terlihat normal.

5. Gunakan Make Up
Bila sedang berada di posisi buru-buru, anda dapat mengakali mata bengkak setelah menangis dengan menggunakan make up. Walaupun sebenarnya mata anda akan tetap bengkak, cara ini setidaknya dapat membantu menyamarkan mata bengkak setelah menangis untuk sementara waktu.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bengkak setelah menangis, bila tidak ingin mata bengkak maka jangan menangis. Meski begitu, cara-cara menghilangkan bengkak pada mata setelah menangis yang telah kami jabarkan dapat anda terapkan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru