Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Cara Cegah Bibir Kering, Jangan Dijilat Nanti Pecah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bibir kering tidak hanya dapat diatasi dengan penggunaan pelembab bibir, tapi juga melalui kebiasaan hidup sehat sehari-hari. Kulit di bibir cenderung lebih tipis dan sensitif, bila dibandingkan dengan bagian tubuh lain karena tidak memiliki banyak kelenjar minyak.

Sehingga, bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah, oleh karena itu anda perlu mengetahui langkah pencegahan bibir kering yang tepat. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Jumat (5/5).

1. Minum Air Putih yang Cukup
Penting untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, bila ingin terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. Biasakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari, atau setara dengan 2 liter agar tubuh terhidrasi dengan baik dan kelembaban bibir tetap terjaga. Agar anda mengetahui apakah tubuh sudah terhidrasi dengan baik atau tidak, dapat dilakukan dengan cara melihat warna urine, bila terlihat berwarna kuning muda atau nyaris bening artinya kebutuhan cairan anda telah tercukupi.

2. Oleskan Pelembab Bibir
Untuk mempertahankan kelembaban bibir, anda dapat menggunakan pelembab bibir (lip balm). Penggunaannya akan membantu bibir terhindar dari kering dan pecah-pecah, sebaiknya oleskan sebelum menggunakan lipstik, sebelum pergi keluar rumah, saat akan tidur, atau setiap bibir terasa mulai kering. Perlu diingat, hindari produk pelembab bibir yang mengandung perasa, parfum, mentol, ataupun asam salisilat jika bibir anda sensitif atau mudah pecah-pecah. Gunakanlah, pelembab bibir yang mengandung petroleum jelly, ceramide, shea butter, atau minyak biji jarak.

3. Hentikan Kebiasaan Menjilat Bibir
Bila anda salah satu orang yang senang menjilat bibir agar terlihat lembab, anda salah. Nyatanya, menjilat bibir tidak membuat bibir menjadi lembab, namun justru membuatnya kering. Hal ini karena, air liur yang digunakan untuk membasahi bibir dapat menghilangkan kelembaban dari kulit bibir, sehingga bibir lebih mudah kering.

4. Menggunakan Tabir Surya Bibir
Pastikan anda memilih dan menggunakan pelembab bibir yang memiliki kandungan tabir surya dengan SPF minimal 30, hal ini bertujuan agar bibir selain lembab juga terlindungi dari paparan sinar matahari. Perlu diingat, penggunaan pelembab mengandung tabir surya ini penting, pasalnya paparan sinar matahari langsung dapat membuat bibir cepat kering.

5. Menghindari Zat Pemicu Iritasi dan Alergi
Penting untuk teliti dalam membeli kosmetik bibir, sama halnya dengan memilih pelembab bibir. Pastikan kandungan dalam kosmetik tidak menyebabkan alergi atau iritasi, seperti paraben, parfum, camphor, dan menthol

6. Gunakan Humidifier
Dengan menjaga kelembaban udara menggunakan humidifier, juga membantu menjaga kelembaban kulit bibir. Terutama bila anda salah satu orang yang memiliki kebiasaan mengorok saat tidur, hal ini karena bernapas melalui mulut dapat membuat bibir lebih cepat kering.

Hindari makanan pedas atau mengandung banyak garam, pasalnya jenis makanan ini dapat mengiritasi permukaan bibir atau menghilangkan kelembaban alami pada bibir. Itulah beberapa tips agar menjaga bibir anda tetap lembab, dan terhindar dari kering ataupun pecah-pecah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru