Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizAturan Belum Keluar, Kok Pembelian Pertalite Sudah Dibatasi?

Aturan Belum Keluar, Kok Pembelian Pertalite Sudah Dibatasi?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengakui adanya pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah.

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati menjelaskan pembatasan tersebut sah-sah saja untuk dilakukan dengan syarat pembatasan yang dilakukan terhadap jenis BBM bersubsidi itu lebih ketat dari aturan yang dikeluarkan oleh pihaknya.

“Boleh saja mereka mengatur seperti tadi ada daerah yang hanya boleh beli Rp150.000, daerah lain Rp400.000. Kami tidak larang sepanjang itu lebih ketat. Jadi tidak boleh longgar dari yang dikeluarkan BPH,” kata Erika dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Rabu (3/5).

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa pemerintah belum menerbitkan aturan revisi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

“Jadi sebetulnya dari BPH Migas kan belum mengeluarkan aturan mengenai pembatasan pembelian volume untuk Pertalite,” tegasnya.

Erika pun berdalih bahwa pembatasan tersebut boleh dilakukan dengan tujuan untuk menjaga ketersediaan pasokan BBM pertalite. Sebab, lanjutnya, alokasi kuota pertalite di setiap daerahnya berbeda-beda.

“Masing-masing daerah punya kuota masing-masing. Jadi kami minta kepada daerah untuk mengamankan kuota tersebut,” kata Erika.

Adapun untuk realisasi penyaluran Pertalite hingga April 2023 berdasarkan data BPH Migas tercatat sebesar 9,26 juta kiloliter (KL). Jumlah tersebut telah mencapai 28,44 persen dari total alokasi kuota yang disiapkan tahun ini, yakni sebesar 32,56 juta KL.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.