HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan kontingen Indonesia akan mengikuti 31 cabang olah raga dari 36 cabang olahraga di Sea Games Kamboja kali ini. Untuk itu Indonesia memberangkat 884 orang atlet, pelatih, official hingga tim medis.

“Komposisi Kontingen Indonesia di Sea Games ke-32 tahun 2023 terdiri dari 70 persen atlet Junior yang sebagian besar berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa,” kata Dito di Istana Negara, Jakarta, Selasa 2 Mei 2023.

Dito menjelaskan, hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda Indonesia untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui event internasional.

“Sehingga dapat berprestasi di masa yang akan datang, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam mengimplementasikan visi pembangunan sumber daya manusia Indonesia kedepan,” ujarnya.

Politikus partai Golkar ini menjelaskan, Sea Game ke-32 tahun 2023 di Kamboja ini akan diselenggarakan di empat klaster. Yaitu klaster Kampot dan Kep, Sihanoukville, Siem Reap, serta Phnom Penh. Dan akan berlangsung dari tanggal 5 sampai dengan 17 Mei 2023.

“Saat ini beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding lebih awal seperti sepak bola, Cricket, dan hoki indoor, semoga dapat memacu semangat seluruh cabang olahraga dan Kontingen Indonesia. Adapun rombongan besar akan mulai berangkat pada tanggal 4 Mei 2023,” pungkasnya.

Dito mengakui target menjadi juara umum Sea Games kali ini tidak mudah, karena ada beberapa cabang olahraga andalan Indonesia tidak dipertandingkan pada Sea Games Kamboja kali ini.

Sehingga dari sejumlah cabor yang tak di pertandingan kali ini, menurut Dito, Indonesia akan kehilangan 39 medali emas. Namun Dito tetap optimis target itu akan terlampaui.