Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Pemain Peraih Trofi Ballon d’Or Terbanyak Sepanjang Sejarah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Trofi Ballon d’Or merupakan titel paling bergengsi yang disematkan kepada para pemain sepak bola dunia oleh majalah berita ternama asal Prancis, yakni France Football.

Mulanya, trofi Ballon d’Or hanya disematkan kepada para pemain dari Benua Eropa, namun seiring berjalannya waktu, titel tersebut diberlakukan untuk seluruh pemain sepak bola di seluruh dunia.

Berikut ini 5 pemain yang sukses mendapatkan trofi Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah sepak bola :

5. Marco van Basten (3 Ballon d’Or)

Marco van Basten merupakan salah satu striker tajam kala itu, pemain Timnas Belanda yang sempat bermain di Ajax dan AC Milan tersebut mampu mengantongi 3 trofi Ballon d’Or sepanjang karirnya.

Ballon d’Or pertama kali yang didapat Marco van Basten yakni pada tahun 1988 seiring dengan kejayaan Timnas Belanda di Piala Euro.

Van Basten memenangkan Ballon d’Or kedua berturut-turut pada tahun 1989 setelah membawa AC Milan menjuarai Piala Eropa. Kemudian untuk yang trofi ketiganya jatuh pada tahun 1992.

4. Michael Platini (3 Ballon d’Or)

Michael Platini juga mendapatkan trofi 3 Ballon d’Or. Pemain yang dijuluki Le Roi atau Sang Raja tersebut berperan penting membawa Prancis menjadi negara sepak bola yang ditakuti kala itu.

Platini pernah membawa Timnas Prancis di Kejuaraan Eropa 1984, dan dia mampu memenangkan trofi Ballon d’Or tiga tahun berturut-turut yakni 1983, 1984 dan 1985.

3. Johan Cruyff (3 Ballon d’Or)

Tak ketinggalan, ada lagi sosok penting dalam sejarah sepak bola Belanda yaitu Johan Cruyff.

Cruyff berjaya untuk Ajax dengan membawa klubnya meraih 8 kali gelar juara, kemudian sukses memenangkan Piala Eropa sebanyak tiga kali untuk Timnas Belanda.

Ada pun tinta emasnya ditorehkan saat Cruff berbaju Barcelona pada tahun 1973 dengan mengemas gelar La Liga di musim pertamanya.

Ia terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa Abad Ini pada 1999. Cruyff tiga kali meraih Ballon d’Or, yakni pada 1971, 1973, dan 1974.

2. Cristiano Ronaldo (5 Ballon d’Or)

Cristiano Ronaldo tentu merupakan salah satu sosok yang sukses meraih trofi Ballon d’Or, tercatat ia telah mengoleksi sebanyak 5 titel.

Sudah banyak sekali gelar juara yang berhasil ia rangkul di beberapa klub seperti Madrid, Juventus dan tentunya Manchester United.

Tercatat, Cristiano Ronaldo berhasil meraih trofi Ballon d’Or pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016, 2017.

1. Lionel Messi (7 Ballon d’Or)

Lionel Messi jadi pemain paling banyak mendapatkan trofi Ballon d’Or. Saingan utama Cristiano Ronaldo ini tak terhentikan laju prestasinya.

Meski baru bisa banyak brestasi untuk Barcelona, namun kepiawayannya mengolah si kulit bundar menjadi pantas bahwa ia cocok disematkan raja trofi Ballon d’Or.

Lionel Messi pertama kali mendapatkan trofi Ballon d’Or pada tahun 2009, kemudian dapat tiga kali beruntun setelahnya yakni pada 2010, 2011, 2012. Ada pun tiga titel lainnya yakni pada 2015, 2019 dan 2021.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Meski Lolos ke Semifinal China Open 2024, Fikri/Daniel Ngaku Masih Harus Perbaiki Permainan

Pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin berhasil lolos ke semifinal China Open 2024. Meski menang straight game atas wakil Denmark Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard, namun Fikri/Daniel belum lah puas dan masih perlu ada yang harus diperbaiki cara bermainnya.

Arsenal Memang Gak Kebobolan, Tapi Pengennya sih Menang

Arsenal harus puas mendapatkan hasil imbang kontra Atalanta dengan skor 0-0. Bintang The Gunners Declan Rice pun merasa tidak puas dengan hasil tersebut meski gawang timnya mencatatkan clean sheet.

Kartu Merah Bikin Permainan Barcelona Berantakan!

Barcelona harus bermain dengan 10 pemain ketika berhadapan dengan AS Monaco, laga pun berkesudahan 1-2 untuk kemenangan tim tuan rumah. Manajer Blaugrana Hansi Flick menilai bahwa insiden kartu merah yang diterima Eric Garcia membuat rencana permainan berubah total.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru