Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tsunami Kecil Sempat Teramati saat Gempa di Mentawai

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan tsunami teramati setinggi 11 cm saat gempa magnitudo (M) 7,3 di Mentawai-Siberut.

“Tsunami teramati 11 cm, dari data tide gauge Stasiun Tanah Bala Nias Selatan,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Selasa (25/4).

Daryono mengatakan, kekuatan gempa perlahan menurun jadi M 6,9. Menurut penjelasannya, gempa tersebut merupakan megathrust event.

“Gempa pagi ini merupakan sebuah event gempa yang berada di zona megathrust segmen Mentawai Siberut,dan ini merupakan rangkaian event gempa yang banyak ditunggu oleh para ilmuwan karena memang di segmen ini energi yang terkonsentrasi di barat Sumatera belum rilis,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gempa bumi magnitudo 7,3 melanda Mentawai-Siberut, pada Selasa 25 April 2023 pada pukul 03.00 WIB.

Informasi yang disampaikan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) gempa tersebut berpoten tsunami.

Lokasi gempa berada pada kedalaman 84 kilometer atau tepatnya 0.93 Lintang Selatan (LS) dan 98.39 Bujur Timur (BT).

Gempa yang berpusat di Bumi Sikerei tersebut dirasakan kuat oleh masyarakat hingga ke Kabupaten Pasaman Barat.

Guncangan gempa terasa di Siberut, Mentawai VI MMI, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Padang V MMI, Gunung Sitoli.

Kemudian di Padang Panjang, Pesisir selatan, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Solok, Bukittinggi, Padang Sidempuan III MMI, Labuhan Batu Bengkalis II MMI.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru