Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Selalu Ada Saat Lebaran, Lontong dan Ketupat Bukan Saudara Kembar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat lebaran, pasti tidak pernah absen yang namanya lontong ataupun ketupat. Kedua makanan yang terbuat dari beras ini menjadi makanan pokok dan pengganti lauk masyarakat Indonesia selama lebaran.

Ketupat dan lontong pada dasarnya adalah beras yang sama-sama dibungkus daun. Selain bentuknya yang beda, apa lagi sih perbedaan lontong dan juga ketupat?

Lontong

Lontong terbuat dari beras setengah matang, yang kemudian dibungkus daun pisang berbentuk tabung. Tiap ujung lontong pun disematkan lidi agar bisa tertutup rapat.

Lontong merupakan sajian di pulau jawa. Selain lontong polos yang selalu ada saat lebaran, lontong juga biasanya disajikan dengan berbagai isian seperti sayuran dan oncom.

Ketupat

Ketupat dibungkus dengan daun kelapa muda yang berbentuk kepal bersudut tujuh. Caranya, cuci beras, lalu masukkan ke dalam anyaman janur. Lalu rebus selama 2 hingga 4 jam hingga matang dan empuk di dalam.

Sama-sama disantap saat lebaran dengan berbagai lauk pauk seperti rendang, lodeh, sambal, opor, dll, makanan ini sama-sama enak. Kalau lontong biasanya identic berasal dari pulau Jawa seperti opor dan sayuran gurih, kalau ketupat biasanya lebih enak dipadukan dengan rendang, gulai dll.

Kalau Sobat Holopis seleranya lebih ke mana nih? Ketupat, atau lontong?

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru