Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tata Cara Shalat Idul Fitri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu keutamaan di dalam datangnya 1 Syawal adalah adanya shalat idul fitri. Umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan shalat ied sebagai bentuk rasa syukur atas kemenengan yang diraih selama 1 bulan berpuasa Ramadan.

Di Indonesia berdasarkan hasil rukyatul hilal yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 Hijriyah tiba pada hari Sabtu, 22 April 2023. Penetapan 1 Syawal ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui konferensi pers hasil sidang Isbat di kantornya.

Namun, bagi umat Islam dari kelompok organisasi Muhammadiyah yang menggunakan hisab wujudul hilal, mereka menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah pada hari ini, Jumat 21 April 2023. Artinya, pagi ini mereka mayoritas telah menjalankan shalat ied.

Jam berapa sholat Idul Fitri? Jam pelaksanaan sholat Idul Fitri di Indonesia umumnya dilaksanakan dari jam 6 pagi sampai jam 8 pagi.

Untuk menjalankan shalat Ied, para jamaah akan melakukannya dengan 2 (dua) rakaat dan 1 (satu) salam. Kemudian, diakhiri dengan khutbah ied.

Shalat ini bisa dilakukan dengan jumlah banyak di masjid atau tanah lapang, dan bahkan bisa dijalankan dengan jumlah terbatas misal dengan keluarga di rumah.

Lantas bagaimana tata cara Shalat Idul Fitri atau Shalat Ied. Berikut adalah urutannya ;

1. Membaca niat
Untuk Imam ;
أُصَلِّي سُنَّةَ لِعِيدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Untuk Makmum ;
أُصَلِّي سُنَّةَ لِعِيدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Takbir sebanyak 7 (tujuh) kali di rakaat pertama. Di sela-sela bilangan takbir, disunnahkan membaca dua doa di bawah ini ;

a. اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
b. سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

5. Membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan surat-surat pendek

6. Rukuk, berdiri dari rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi hingga berdiri. Urutannya sama persis dengan shalat-shalat pada umumnya

7. Setelah berdiri untuk rakaat kedua, langsung melakukan takbir sebanyak 5 (lima) kali.

8. Membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan surat-surat pendek lagi

9. Rukuk, berdiri dari rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi hingga berdiri. Urutannya sama persis dengan shalat-shalat pada umumnya.

10. Salam

Rampung melakukan shalat sunnah Idul Fitri, jamaah jangan langsung meninggalkan masjid, sebab rangkaiannya belum selesai. Agenda selanjutnya adalah mendengarkan khutbah hingga selesai.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru