Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jangan Salah, Begini Ketentuan Membayar Zakat Fitrah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan, serta membantu masyarakat yang kurang mampu.

Syarat wajib zakat fitrah

Setiap muslim yang telah mencapai usia baligh dan memiliki kecukupan harta di atas nishab (sekitar 524 kg beras) wajib membayar zakat fitrah. Pembayaran zakat fitrah dilakukan pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri.

Sebelum membayar zakat fitrah, pertama-tama tentukanlah jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan. Jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan adalah sebesar satu sha’ atau sekitar 2,5 kg beras atau makanan pokok lainnya.

Jika ingin membayar dengan uang, maka hitunglah harga beras atau makanan pokok yang setara dengan jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan.

Metode pembayaran zakat fitrah

Ada beberapa metode pembayaran zakat fitrah yang dapat dilakukan, diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Membayar zakat fitrah dengan beras atau makanan pokok lainnya. Pastikan beras atau makanan pokok yang dibeli sesuai dengan harga pasar yang berlaku.
  • Membayar zakat fitrah dengan uang. Pastikan uang yang dikeluarkan sesuai dengan harga beras atau makanan pokok yang setara dengan jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan.
  • Membayar zakat fitrah melalui lembaga atau organisasi yang terpercaya. Pilihlah lembaga atau organisasi yang memiliki reputasi baik dan jelas dalam penyaluran zakat fitrahnya.

Mekanisme pembayaran zakat fitrah

Mekanisme pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

    1. Jika membayar dengan beras atau makanan pokok lainnya, pastikan beras atau makanan pokok tersebut sudah bersih dan layak konsumsi, kemudian kemas dengan rapih dan kirim ke pihak yang berwenang untuk menyalurkan zakat fitrah.
    2. Jika membayar dengan uang, pastikan jumlah uang yang dibayarkan sesuai dengan harga beras atau makanan pokok yang setara dengan jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan. Kemudian kirimkan uang tersebut ke pihak yang berwenang untuk menyalurkan zakat fitrah.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru