Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini Cara Atasi Sakit Pinggang saat Mudik Lebaran, Nomer 7 Teringat THR

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mudik Lebaran merupakan tradisi tahunan yang sering dilakukan banyak orang, agar dapat berkumpul dengan keluarga terkasih di hari raya. Namun, untuk mencapai itu semua pastinya kita akan melakukan perjalanan jauh. Hal ini dapat sebabkan sakit pinggang, karena posisi duduk yang tidak ergonomis dalam waktu yang lama serta kurangnya gerakan tubuh selama perjalanan.

Maka, penting untuk mengetahui cara mengatasinya agar terhindar dari sakit pinggang selama melakukan perjalanan saat mudik. Simak penjelasan berikut ini agar mengetahui caranya, seperti yang telah dikutip Holopis.com, selasa (18/4).

1. Mengubah Posisi Duduk secara Teratur
Duduk dalam waktu yang lama dan dengan posisi yang sama selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit pinggang. Maka, penting untuk mengubah posisi duduk secara teratur agar mengurangi tekanan pada pinggang. Anda dapat melakukannya dengan menggerakkan kaki dan rentangan tubuh, agar mengurangi ketegangan di area pinggang.

2. Gunakan Bantal
Ketika melakukan perjalanan panjang selama mudik dengan kendaraan, gunakanlah bantal sebagai pendukung punggung dan pinggang anda. Penggunaannya dapat membantu kurangi tekanan pada pinggang serta memberikan kenyamanan selama perjalanan.

3. Lakukan Peregangan
Terjebak kemacetan yang panjang ketika mudik, kerap membuat pinggang menjadi sakit. Maka, penting untuk melakukan peregangan agar membantu meredakan sakit pinggang akibat posisi duduk yang sama dalam waktu lama. Anda dapat melakukan peregangan tubuh sederhana seperti membungkuk ke depan, memutar leher, dan membungkuk ke belakang guna mengurangi ketegangan pada pinggang.

4. Hindari membawa Beban Berat
Perlu diketahui, ketika mudik membawa beban berat sepanjang perjalanan dapat menambah tekanan pada pinggang. Oleh karena itu, hindari membawa beban berat ketika mudik, namun bila memang sangat perlu pastikan untuk mengimbanginya secara merata dan mengangkatnya dengan benar.

5. Minum Air yang Cukup
Dengan minum air yang cukup selama perjalanan pajang mudik, dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tak hanya itu, dengan konsumsi cukup air putih akan membantu anda agar terhindar dari dehidrasi yang memperburuk sakit pinggang. Jadi, pastikan untuk minum air yang cukup selama perjalanan.

6. Istirahat secara Teratur
Pastikan untuk selalu berhenti dan beristirahat sejenak secara teratur, ketika melakukan perjalanan jauh selama mudik. Hal ini akan membantu kurangi tekanan pada pinggang, adapun anda juga disarankan untuk melakukan peregangan ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah serta kurangi ketegangan pada pinggang.

7. Mengelolah Stres
Ketika stres hal ini akan sangat berkontribusi pada intensitas nyeri sakit pinggang. Semakin baik dalam mengelola stres, semakin baik pencegahan sakit pinggang dan sakit yang dirasakan semakin sedikit. Anda tak perlu ragu untuk meminta bantuan ketika merasa sakit pinggang berlebih, mudahkan diri agar dibantu oleh orang terdekat maupun petugas yang ada.

Itulah beberapa cara atasi sakit pinggang yang dapat kami jabarkan, agar perjalanan panjang mudik anda dapat berjalan dengan lancar, nyaman, dan aman.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru