Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Miris, Ada RS Layani Pasien BPJS di Basement

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Diskriminasi terhadap pasien BPJS Kesehatan nampaknya masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi banyak pihak. Sebab sejauh ini, masih ada rumah sakit (RS) yang mendiskriminasikan pasien BPJS Kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan, bahwa pernah ada rumah sakit yang melayani pasien dengan cara tak layak, dimana pasien tersebut dirawat di ruang bawah tanah (Basement) yang berdekatan dengan tempat parkir.

Peristiwa itu, kata Gufron, terjadi pada tahun 2022 lalu. Dia tidak mengungkap nama dan alamat rumah sakit yang dimaksud. Namun ia memastikan jika layanan kesehatan itu adalah rumah sakit swasta.

“Sebuah rumah sakit swasta saya nggak usah cerita di mana, jadi peserta BPJS itu dirawat, dikasih layanan di basement, tidak ada AC-nya, campur dengan tempat parkir,” tutur Gufron dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (12/4).

Adapun perlakuan itu diketahui Gufron usai menerima laporan dari warga. Pihaknya yang mendengar hal itu pun langsung melakukan evaluasi dan memberikan peringatan keras kepada rumah sakit tersebut.

“Saya sampaikan dalam 2 bulan harus diubah, kalau tidak kita putus (kerja sama),” katanya.

Selang 2 bulan, dia pun menerima laporan bahwa rumah sakit itu sudah berubah menjadi bagus.

“Akhirnya saya datang ke sana, saya wawancara pasien semuanya puas karena ber-AC dan tidak di basement lagi,” terangnya.

Ghufron pun menyadari, bahwa diskriminasi terhadap pasien BPJS itu merupakan sisa masa lalu BPJS yang cukup kelam, dimana BPJS Kesehatan kerap telat membayar klaim tagihan rumah sakit.

Namun kondisi saat ini sudah berubah, dimana BPJS Kesehatan selalu tepat waktu dalam mengklaim tagihan kesehatan. Masyarakat pun diminta untuk melapor jika menemukan kejadian serupa.

“Kalau dulu kami berat karena defisit, ketemu RS takut kalau ditagih. Kalau sekarang enggak. Dulu RS ogah-ogahan kerja sama dengan BPJS, sekarang banyak yang berkeinginan bahkan antre,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru