Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Yudo Ogah Kerahkan Kekuatan TNI Hanya untuk Selamatkan Pilot Susi Air

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, bahwa pihaknya tak mau mengerahkan kekuatan prajurit TNI hanya sebatas untuk menyelamatkan pilot Susi Air, Philip Mark Merthens (37).

Sebagaimana diketahui, Philip sampai saat ini masih disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Meski enggan untuk mengerahkan prajurit, namun Yudo memastikan pihaknya akan tetap mengupayakan keselamatan pilot Susi Air dengan cara-cara yang sifatnya persuasif.

“Saya tidak mau mengerahkan kekuatan TNI hanya untuk menyelamatkan pilot. Pilot tetap kita selamatkan dengan cara-cara yang persuasif,” ujar Yudo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (9/4).

Menurut Yudo, mengerahkan kekuatan TNI merupakan tindakan yang berisiko. Dia khawatir banyak korban jiwa yang akan berjatuhan apabila mengerahkan prajurit dalam misi penyelamatan pilot Susi Air tersebut.

Selain itu, Yudo juga khawatir KKB akan langsung membunuh pilot Susi Air apabila mengetahui TNI menyerang mereka. Setelahnya, besar kemungkinan KKB akan memutarkan balikkan fakta.

“Kalau diserang TNI, pasti pilot akan dibunuh sama mereka. Nanti difitnah TNI yang membunuh atau Polri,” tuturnya.

Meski upaya penyelamatan dengan cara persuasif yang selama dilakukan TNI tidak kunjung berhasil, namun setidaknya TNI berhasil mengamankan sejumlah anggota KKB berikut senjatanya.

“Yang jelas kita sudah berhasil menangkap beberapa KKB, dan sudah menyita beberapa senjata dengan operasi teritorial, Operasi Damai Cartenz yang kita laksanakan bersama Polri,” tutur Yudo.

Sebagaimana diketahui pilot Susi Air, Philip Merthens terhitung sudah dua bulan menjadi korban penyanderaan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya di Papua, pada 7 Februari 2023 lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru