Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Berikut Ini 4 Sifat Nabi Muhammad SAW yang Patut Diteladani Umat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW jadi suri tauladan untuk umat Islam. Selain itu, sifat-sifatnya patut diteladani manusia.

Lantas, apa saja sifat wajib Nabi Muhammad SAW? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya, seperti dikutip Holopis.com dari Rumah Zakat, Minggu (9/4).

1. Siddiq

Siddiq itu sendiri berarti jujur atau benar, dimana sifat Nabi Muhammad SAW yang satu ini ada dalam dirinya.

Ada pun maksud dari sifat Siddiq ini adalah semua ajaran yang disampaikan oleh para utusan adalah benar, tidak mungkin ada kebohongan di balik ajaran-ajarannya.

2. Al-Amanah

Al Amanah jadi sifat wajib kedua yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, dimana amanah itu sendiri berarti dapat dipercaya.

Dengan sifat ini, maka para rasul terpelihara dahir dan bathinnya dari setiap perbuatan-perbuatan yang melanggar syariat. Mereka terpelihara dari zina, minuman keras, berbohong, iri, dengki, sombong, sifat ingin dipuji.

3. At-Tabligh

Sifat wajib selanjutnya dari Nabi Muhammad SAW yakni Tabligh yang berarti menyampaikan. Menyampaikan risalah atau ajaran yang diperintahkan Allah SWT agar disampaikan kepada umat manusia.

4. Al-Fathonah

Ada pun sifat wajib terakhir yang dimiliki Nabi Muhammad SAW yakni Fathanah yang berarti cerdas.

Maksud dari sifat ini sendiri tertuang dalam dalilnya yakni, apabila para Rasul itu orang bodoh, maka mereka tidak akan mampu untuk membangun argumentasi dalam menghadapi kelompok-kelompok yang menentang risalah yang dibawanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru