HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri, bahwa timun suri jadi salah satu buah yang paling banyak dicari saat waktunya berbuka puasa tiba.

Bahkan, penjualan timun suri banyak kita temukan di pinggir-pinggir jalan. Visual timun suri itu sendiri tidak hanya indah di mata, namun juga memiliki nilai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Dirangkum Holopis.com dari berbagai sumber, Jumat (7/4), berikut ini 5 manfaat timun suri :

Manfaat Timun Suri

1. Menhidrasi Tubuh

Timun suri dikenal sebagai buah yang kaya akan kadar air, karena kandungannya itu lah, maka memiliki manfaat yang bisa menghidrasi tubuh hingga mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

2. Panas Dalam Minggir!

Timun suri yang tinggi dengan kandungan airnya, diyakini bisa meredakan panas dalam saat berpuasa seperti salah satunya bibir pecah-pecah.

Timun suri yang tinggi kandungan air dinilai bisa menjadi pelarut bagi mineral, vitamin B dan C, asam amino, serta glukosa dan molekul-molekul kecil lainnya sehingga bisa keluar masuk melalui sel dengan sangat baik.

3. Turunkan Risiko Anemia

Apa sih Anemia? yups, Anemia merupakan kondisi dimana tubuh merasa cepat lelah, pusing dan sakit kepala. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya asupan darah di dalam tubuh.

Timun suri lah salah satu solusinya, timun suri mengandung zat besi yang bisa memproduksi hemoglobin untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Atasi Sembelit

Sembelit jadi salah satu masalah yang dimiliki sebagian orang saat berpuasa, sebab kurangnya asupan serat.

Timun suri mengandung serat dan air, yang bisa mengatasi maslah pencernaan.

5. Menyehatkan Tulang

Seperti dijelaskan di atas, timun suri mengandung zat besi. Namun tak hanya sebatas itu, timun suri juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tulang, kemudian terkandung juga kalsium hingga fosfor dalam timun suri.