Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Catat, Tips Alami Hilangkan Bekas Jerawat di Pipi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bekas jerawat yang sulit dihilangkan pada pipi, sering kali membuat kurang percaya diri. Tak hanya itu, bekas jerawat membandel di pipi juga dapat memburuk bila sering terpapar sinar matahari. Apalagi, negara kita yang memiliki iklim tropis dengan intensitas matahari bersinar lebih lama dan hampir sepanjang hari.

Adapun beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan timbulnya bekas jerawat menghitam, diantaranya yaitu kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat, faktor genetik, produksi kolagen menurun, dan produksi melanin yang meningkat. Anda dapat mengatasi hal tersebut, simak penjelasan berikut guna mengetahui penanganannya, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Jumat (31/3).

1. Memakai Serum Vitamin C
Kandungan ini terbukti mampu mencerahkan kulit dengan mengurangi oksidasi yang menghasilkan melanin. Tak hanya itu, kandungan dalam serum vitamin C yang dapat mencerahkan kulit, juga bersifat anti peradangan sehingga mampu menyembuhkan jerawat. Agar bekas jerawat segera memudar, anda dapat menggunakan serum vitamin C, saat pagi atau malam hari sebelum tidur.

2. Menggunakan Tabir Surya
Penggunaan tabir surya, merupakan salah satu skincare yang tak boleh dilewatkan. Hal tersebut juga berlaku saat anda memiliki bekas jerawat membandel, tabir surya berguna agar bekas jerawat pada pipi tidak semakin memburuk akibat paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari juga dapat menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah seperti flek. Gunakanlah tabir surya secara rutin tiap hari, pilihlah produk dengan kandungan SPF minimal 30 atau lebih, agar perlindungan tetap optimal. Tak hanya itu, penggunaan tabir surya patut diaplikasikan ulang setiap 3 sampai 4 jam.

3. Masker Madu
Cara menghilangkan bekas jerawat membandel dengan masker madu, patut anda coba dirumah. Kandungan antiseptik dan radang dalam madu, mampu menyembuhkan kerusakan akibat jerawat sekaligus mencegah kemunculanya kembali. Adapun, pelembab pada madu juga dapat melembutkan jaringan serta mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat yang menghitam. Penggunaannya, anda cukup oleskan pada wajah atau pada bagian bekas jerawat, dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

4. Ekstrak Grapeseed (Ekstrak Biji Anggur)
Tips menghilangkan bekas jerawat membandel, berikutnya dengan memanfaatkan ekstrak biji anggur (grapeseed). Penelitian menemukan bahwa, penggunaannya sebagai obat jerawat oral (minum) dapat meringankan melasma (hiperpigmentasi pasca peradangan). Namun, perlu diketahui bahwa belum ada penelitian lebih lanjut terkait fungsi grapeseed sendiri, sebagai obat bentuk oles untuk menghilangkan bekas jerawat hitam.

5. Rutin Eksfoliasi
Eksfoliasi merupakan proses menghilangkan sel kulit mati, yang diyakini cukup efektif sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Penggunaannya, anda dapat memakai produk-produk kecantikan yang mengandung AHA, BHA, Retinoid, atau asam salisilat. Adapun, yang perlu diketahui yaitu eksfoliasi tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari, anda dapat membatasinya dengan 2 sampai 3 kali pakai dalam seminggu, serta dalam dosis yang cukup. Pasalnya, bila terlalu banyak digunakan dapat merusak struktur kulit.

6. Treatment Laser
Treatment ini menjadi salah satu metode efektif untuk menghilangkan bekas jerawat pada pipi. Adapun, metode ini cukup aman ketika dilakukan, dengan beberapa efek samping yang perlu diantisipasi.

7. Mikrodermabrasi
Prosedur ini bersifat non bedah, dilakukan dengan cara menyemprotkan partikel kecil pada area kulit tertentu. Setelah itu dokter, akan menggosoknya dengan alat khusus, umumnya treatment ini memang bertujuan untuk menghilangkan bekas jerawat atau luka.

Anda dapat melakukan tips alami penghilang bekas jerawat membandel pada pipi, yang telah kami jabarkan agar bekas jerawat segera memudar. Kulit yang kembali sehat, dan bebas bekas jerawat, dapat membuat kembali percaya diri.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru