Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Muhadjir Akui Ditolak Mentah-Mentah FIFA Saat Lobi Keterlibatan Timnas Israel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Plt Menpora Muhadjir Effendy mengklaim bahwa pihaknya sudah berusaha berkomunikasi dengan FIFA untuk membahas keterlibatan negara Israel di Piala Dunia U-20.

Namun, dari hasil pembicaraan tersebut Muhadjir mengakui bahwa permintaan mereka ditolak secara mentah oleh FIFA dan bersikeras Israel akan tetap bermain.

“Tentu saja kita sangat menyayangkan kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA kelihatannya tidak mendapatkan kesepakatan,” kata Muhadjir dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (28/3).

Muhadjir kemudian malah membawa Undang-Undang di Indonesia atas penolakan kedatangan pemain Israel ke Indonesia yang datang untuk bermain sepak bola.

“Konstitusi kita itu di dalam UUD preambule alinea pertama itu bahwa sesungguhnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapus karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” klaimnya.

Muhadjir bahkan juga mengklaim, ada syarat-syarat tertentu jika tim yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 termasuk dalam kategori yang disebut dalam konstitusi.

“Itu yang menjadi faktor yang harus kita pegang. Karena itu dalam ketika ada negara yang timnya kita indikasikan masuk kategori itu harus ada prasyarat-prasyarat khusus dan itulah yang kita ajukan ke FIFA dan kelihatannya tidak ada titik temu,” kilahnya.

Namun, di sisi lain Muhadjir menyatakan bahwa mereka berharap banyak kepada Ketua PSSI Erick Thohir yang pergi ke Zurich untuk konsultasi lebih lanjut dengan FIFA.

“Mudah-mudahan ada titik temu. Paling tidak FIFA memahami posisi Indonesia dalam konteks ini. Jadi ini bukan soal ditolak atau diprotes bukan itu. Tapi ini berkaitan dengan itu, konstitusi itu,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

China Open 2024 : Fajar/Rian Diganyang Malaysia!

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus terhenti langkahnya pada perempat final China Open 2024, usai takul di tangan wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Jack Miller Balapan di MotoGP 2025 Bersama Pramac Pakai Motor Yamaha

Jack Miller akan ikut dalam balapan MotoGP 2025, setelah resmi menandatangani kontrak dengan tim Pramac Racing Yamaha. Durasi kontrak yang ditawarkan, yakni selama satu musim.

China Open 2024 : Jonatan Christie Tembus ke Semifinal Usai Sikat si Kuda Hitam

Jonatan Christie berhasil melangkah ke babak semifinal China Open 2024, usai sukses mengandaskan perlawanan si kuda hitam asal tuan rumah Lei Lan Xi di babak perempat final.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru