Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Penuhi Asupan Ini Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sahur adalah waktu makan paling penting saat menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, kebutuhan nutrisi dan energi tubuh wajib terpenuhi agar siap menjalankan puasa, menahan dahaga dan lapar selama 12 jam. Sayangnya, kebanyakan orang sulit bangun sahur karena mengharuskan bangun lebih pagi dibandingkan hari biasa.

Sehingga, banyak orang bangun sahur mendekati waktu imsak dan makan seadanya saja. Padahal sahur bukan sekedar untuk mengenyangkan perut sebelum berpuasa, tapi juga memberikan kekuatan dan daya tahan tubuh untuk menjalani puasa, mencegah tubuh lemas dan dehidrasi selama puasa.

Simak ulasan berikut mengenai makanan dan minum, yang kamu butuhkan saat sahur agar kuat berpuasa seharian. Seperti dikutip Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, Minggu (26/3).

1. Karbohidrat Kompleks
Tanpa konsumsi karbohidrat, tubuh akan terasa tidak bertenaga saat beraktivitas. Pasalnya karbohidrat merupakan sumber utama bagi tubuh, saat sahur pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Sehingga lebih lama dicerna tubuh, dan memberi rasa kenyang lebih lama, asupan ini dapat kamu peroleh dari nasi merah, roti gandum, dan oatmeal.

2. Sayur dan Buah
Kandungan vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi metabolisme dan saluran cerna tubuh dalam sayur dan buah dapat membantu kamu menjalankan puasa seharian. Pasalnya, serat dipercaya dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. Kamu dapat mengonsumsi kurma, pisang, pepaya, mangga, apel, pir, dan alpukat saat sayur. Adapun sayuran yang dapat kamu konsumsi yaitu bening bayam, sup ayam jahe, dan capcay kuah.

3. Protein
Normalnya tubuh membutuhkan 10 sampai 35 persen kalori harian dalam bentuk protein. Pasalnya, protein berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu perbaikan dan membangun jaringan tubuh. Saat sahur, kamu dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Air Putih
Pentingnya konsumsi air putih saat sahur, agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Aturan minum air putih saat puasa terkenal dengan pola 2-4-2, yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Tak hanya air putih, kamu juga dapat mengkonsumsi minuman elektrolit dengan kandungan ion, akan membantu mengikat cairan agar bertahan lebih lama dalam tubuh.

Manfaat sahur telah kami jabarkan sebelumnya, jika kamu termasuk orang yang malas sahur pertimbangkan kembali, karena sahur membantu memenuhi nutrisi tubuh selama berpuasa. Penuhilah kebutuhan harian tubuh, saat sahur dengan tips yang telah kami jabarkan tersebut, agar terhindar dari penyakit saat menjalankan ibadah puasa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru