HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa merupakan momen yang paling dinantikan seluruh umat Muslim, dengan menahan haus dan lapar selama 12 jam. Namun, siapa sangka ada begitu banyak manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.

Tidak terkecuali bagi penderita hipertensi, lantas apa saja manfaat berpuasa bagi penderita hipertensi. Simak penjelasan berikut mengenai manfaat berpuasa serta tipsnya bagi penderita hipertensi, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Senin (27/3).

Manfaat Puasa bagi Penderita Hipertensi
Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dalam tubuh. Menjaga pola makan yang sehat, sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi guna menjaga tekanan darah tetap stabil, bila tidak mengalami komplikasi serius penderita hipertensi dapat menjaga pola makannya dengan berpuasa. Berikut beberapa manfaat berpuasa, bagi penderita hipertensi :

  1. Menjaga Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh
    Normalnya, berpuasa diketahui mampu menurunkan atau menjaga kadar kolesterol normal dalam tubuh. Sehingga, berpuasa memiliki manfaat bagi penderita hipertensi karena dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga stroke.
  2. Mengontrol Tekanan Darah
    Berpuasa diketahui memiliki manfaat, bagi penderita hipertensi karena mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Pasalnya, perubahan pola makan dan tidur selama berpuasa, dapat mempengaruhi saraf simpatik dan hormon antidiuretik yang mampu menurunkan tekanan darah.
  3. Optimalkan Proses Detoksifikasi
    Selama berpuasa, asupan kalori yang terbatas dapat mengoptimalkan fungsi organ hati guna membuang racun dari dalam tubuh. Sehingga, kondisi tersebut mampu melancarkan aliran darah, alhasil tekanan darah lebih terjaga.
  4. Menjaga Berat Badan Ideal
    Perubahan pola makan selama berpuasa, diyakini dapat mengontrol asupan kalori tubuh. Sehingga mencegah terjadinya obesitas, pasalnya penderita hipertensi yang mengalami obesitas cenderung lebih sulit untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Tips Puasa Sehat bagi Pengidap Hipertensi
Lakukanlah beberapa tips sederhana yang dapat anda terapkan berikut ini :

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh : Hal ini disarankan, karena minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka dapat membantu kendalikan tekanan darah, serta mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat memperburuk kondisi penderita hipertensi.
  2. Berkonsultasi dengan dokter : Sebelum berpuasa, sangat disarankan untuk penderita hipertensi berkonsultasi langsung dengan dokter. Agar dapat disarankan langkah puasa yang tepat, serta mendapat obat guna menstabilkan tekanan darah selama berpuasa.
  3. Rutin berolahraga : Walaupun sedang berpuasa, pengidap hipertensi tetap disarankan untuk berolahraga secara rutin. Pasalnya, hal ini dilakukan guna menstabilkan tekanan darah, agar tidak cepat lelah anda dapat memilih jenis olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, atau senam aerobik.
  4. Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Garam : Tips ini merupakan saran yang tepat bagi penderita hipertensi, pasalnya garam mengandung natrium yang dapat menarik cairan ke pembuluh darah sehingga meningkatkan volume darah dalam tubuh. Akibatnya, tekanan darah terjadi secara signifikan yang memicu komplikasi hipertensi, seperti gangguan ginjal, stroke, atau bahkan jantung.
  5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah : Dengan kandungan kalium tinggi, sayur dan buah dapat meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah. Sehingga, tekanan darah dalam tubuh lebih terkontrol, anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur dengan kalium tinggi seperti bayam, pisang, alpukat, dan brokoli.

Tak hanya dijalankan sebagai ibadah, namun begitu banyak manfaat berpuasa. Telah kami jabarkan sebelumnya manfaat puasa, bagi penderita hipertensi serta tips berpuasa yang sehat. Lakukanlah, seperti yang telah diinstruksikan agar menjalankan ibadah puasa tanpa harus khawatir masalah kesehatan yang akan muncul bagi pengidap hipertensi.