HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa saat bulan Ramadhan, sering dijadikan solusi jitu untuk menurunkan berat badan. Namun, perlu diketahui pula tips agar setelah berpuasa berat badan tidak melonjak naik dan tetap stabil.

Simak penjelasan berikut, untuk mengetahui tips diet sehat saat berpuasa. Seperti dikutip Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, Senin (27/3).

1. Kurangi Konsumsi Banyak Gorengan

Langsung menyantap makanan berminyak, ketika berbuka dapat membuat perut anda bermasalah. Pasalnya, minyak jenuh dalam gorengan justru dapat menambah berat badan, apalagi bagi penderita maag dan asam lambung yang ditandai dengan mual, muntah, bersendawa, atau bahkan sesak nafas.

2. Mengatur Porsi Makan saat Sahur dan Berbuka

Berpuasa memang membuat anda tak makan dan minum selama 12 jam, namun ketika berbuka beberapa orang mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Alih-alih menurunkan berat badan, hal tersebut justru dapat memicu berat badan terus bertambah. Saat sahur maupun berbuka puasa, konsumsilah makanan sewajarnya. Tak hanya itu, anda perlu menghindari konsumsi makanan manis, agar kadar gula darah tidak meningkat secara tiba-tiba. Pasalnya, tubuh tidak menghasilkan banyak insulin saat berpuasa, sehingga konsumsi gula berlebihan akan diubah menjadi lemak tubuh.

3. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Penuhi asupan cairan tubuh minimal 2 liter setiap hari, agar metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Namun, tidak disarankan untuk terlalu banyak minum dalam satu waktu, ahli-ahli sehat hal tersebut justru dapat memicu keracunan air, akibat encernya elektrolit dalam tubuh. Maka sangat wajib, membagi waktu minum dengan 2 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 3 gelas sebelum tidur.

4. Penuhi Waktu Tidur

Kurang tidur dapat membuat kacaunya sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak mampu membakar cadangan lemak secara efektif. Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan saat berbuka, atur waktu tidur sebaik mungkin agar mendapat kualitas tidur yang baik. Dengan tidur lebih awal, tidak menggunakan gadget sebelum tidur, atur suhu dalam ruangan, hindari kafein sebelum tidur, serta mengatur pencahayaan.

5. Olahraga Ringan

Tetap berolahraga meski sedang menjalankan ibadah puasa seharian, merupakan hal wajib jika ingin menurunkan berat badan. Lakukanlah olahraga dengan intensitas ringan, seperti yoga, bersepeda, dan lain-lainnya. Hindari olahraga berat, karena berdampak mengeluarkan banyak tenaga serta cairan tubuh, yang membuat lemas akibat dehidrasi.

Itulah beberapa tips diet dikala puasa, yang sehat dan baik untuk tubuh. Lakukan sesuai dengan anjuran yang telah kami jabarkan, untuk hasil diet yang maksimal di bulan Ramadhan.