HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat berbuka puasa, sebagian orang lebih suka memakan takjil lalu minum air putih kemudian beribadah sebelum akhirnya mengonsumsi makanan yang lebih berat seperti nasi. Namun ada pula yang langsung mengonsumsi nasi tanpa berbasa-basi saat berbuka puasa, sebelum beribadah.

Menunda makan nasi juga dilakukan untuk menghindari perut yang tiba-tiba merasa kaget karena diisi dengan makanan penuh. Namun, sebenarnya sehat tidak sih langsung mengonsumsi makanan berat sesudah berpuasa seharian?

1. Jangan Konsumsi Makanan dengan Jumlah Berlebihan

Sebenarnya, tidak ada larangan langsung mengonsumsi nasi ketika berbuka puasa, hanya saja, Sobat Holopis harus memperhatikan jumlah makanan yang masuk ke tubuh setelah hampir tidak makan dan minum selama hampir 14 jam.

Hal ini pun membuat sistem pencernaan beristirahat, sehingga jika terlalu banyak makan saat berbuka, bisa menyebabkan masalah pencernaan.

2. Tubuh Bisa Menjadi Lemas

Terlalu banyak memakan nasi saat berbuka puasa juga bisa memicu kenaikan gula, dan membuat tubuh menjadi lemas. Otak pun akan kekurangan oksigen dan glukosa, sehingga membuat lebih mudah mengantuk.

Demi kesehatan, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Kemudian sekitar 30 menit kemudian, barulah memilih makanan yang lebih berat seperti nasi, agar perut nyaman dan tidak merasa kembung.