Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Perangkat Layar OLED Harganya akan Murah dan Berkualitas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perangkat dengan layar OLED (organic light emitting diodes) harganya cukup mahal, namun sebentar lagi perangkat dengan layar OLED akan dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Dikutip Holopis.com dari Techspot, Selasa (21/3), sejumlah peneliti dari Pusan National University, Korea Selatan, hampir bisa menciptakan solusi pembuatan OLED dengan biaya yang ramah di kantong namun tetap berkualitas.

Para peneliti tersebut mengatakan selain mahal, OLED yang ada saat ini membutuhkan proses yang sulit. Tapi, mereka menemukan cara dalam penelitiannya untuk membuat harga OLED lebih terjangkau.

Caranya yakni, dengan menciptakan material hole injection layer (HIL) yang tahan pelarut lebih dari 99 persen, dan menciptakan red phosphorescent OLED menggunakan material tersebut.

Penggunaan material HIL tersebut, dinilai memiliki tingkat energi yang optimal, juga mobilitas tinggi dan kemampuan pembuatan film yang sangat bagus. Semua itu penting untuk keperluan komersial.

Salah seorang profesor dalam penelitian itu, Do-Hoon Hwang mengatakan efisiensi yang dicapai oleh material HIL ini jauh lebih baik dibanding material HIL yang dipakai saat ini.

Sebagai informasi, panel OLED pertama kali digunakan Eastman Kodak pada 1987. Kemudian, baru di tahun 2007 OLED mulai banyak digunakan setelah Sony merilis TV XEL-1 dengan panel OLED.

TV tersebut, berukuran 11 inch dan resolusi 960 x 540 pixel, bahkan tak sampai HD. Namun harganya sangat tinggi, mencapai USD 2.499.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru