Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Down Syndrome Sedunia 2023, 21 Maret : Simak Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Down Syndrome Sedunia 2023 atau World Down Syndrome Day (WDSD) diperingati pada 21 Maret di setiap tahunnya.

Hari Down Syndrome Sedunia 2023 diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai Down Syndrome, yang sudah diresmikan langsung oleh PBB sejak 2012 silam.

Hari Down Syndrome Sedunia 2023 itu sendiri sudah dipatenkan diperingati pada hari ke-21 bulan ke-3 (21 Maret) setiap tahunnya. Pemilihan tanggal tersebut bukan tanpa alasan, dimana hari besar itu jatuh pada 21 Maret karena untuk menunjukkan keunikan triplikasi kromosom ke-21 yang jadi penyebab adanya Down Syndrome.

Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia 2023

Dikutip Holopis.com dari situs resmi World Down Syndrome Day, Selasa (21/3), Hari Down Syndrome Sedunia 2023 dideklarasikan langsung oleh PBB pada 19 Desember 2011, bahwa hari besar tersebut jatuh pada 21 Maret di setiap tahunnya.

Majelis Umum PBB dalam mendeklarasikannya turut mengajak seluruh Negara Anggota, organisasi terkait PBB, organisasi internasional, masyarakat sipil hingga organisasi swasta, dimana peringatan Hari Down Syndrome Sedunia dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap adanya Down Syndrome.

Tujuan Hari Down Syndrome Sedunia 2023

PBB menyebut bahwa orang Down Syndrome sebagian besarnya mendapatkan perilaku tidak menyenangkan dari orang lain. Masalah sosial seperti ditolaknya mereka dari segi pendidikan, perawatan, dan lain sebagainya, jadi dasar dimana perlakuan kurang baik didapat orang Down Syndrome.

Berdasarkan hal tersebut, Hari Down Syndrome Sedunia juga merupakan sebuah ajakan untuk khalayak umum untuk turut menggaungkan hak-hak hingga kesejahteraan dari orang yang menderita Down Syndrome, agar mereka pub mendapatkan perilaku yang layak dan sama seperti orang pada umumnya.

Tema Hari Down Syndrome Sedunia 2023

Hari Down Syndrome Sedunia memiliki tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya, sebab tema sebuah hari besar diangkat menjadi sebuah kampenye global untuk mengambil langkah kongkrit mendukung perubahan, terutama mengenai hal ini.

Tema Hari Down Syndrome Sedunia 2023 itu sendiri adalah ‘With Us, Not For Us‘ atau ‘Bersama Kami, Bukan Untuk Kami’.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru