Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Apdesi Minta Jatah Dana Desa 10 Persen dari APBN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) meminta pemerintah pusat untuk mengalokasikan 10 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk dana desa.

Permintaan itu disampaikan dalam peringatan sembilan tahun Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang berlangsung di area Gelora Bung Karno (GBK), pada Minggu (19/3) kemarin.

Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya mengatakan, bahwa desa telah ada sejak ratusan tahun lalu sebelum merdeka. Untuk itu, Surta meminta agar desa tidak dimarjinalkan dan terus dilakukan pembangunan.

“Jangan selalu desa dimarjinalkan. Bukan perkotaan saja yang harus dibangun. Tetapi di desa harus jadi garda terdepan sekarang, tidak lagi orang berpikir, mari kita ke kota. Semua itu jawabannya adalah dana desa. Sepakat? jadi 10 persen ke depan harga mati dana desa dari APBN,” kata Surta dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (20/3).

Tak hanya soal dana desa, Apdesi juga meminta pemerintah untuk menetapkan hari desa nasional. Menurut Surta, untuk tanggal hari desa nasional dapat ditetapkan dari waktu pemberlakuan UU Desa.

“Oleh karena itu mohon kepada pemerintah eksekutif dan legislatif negara agar benar-benar hari desa harus ada,” kata Surta.

Lebih lanjut, Apdesi juga meminta agar pemerintah mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2023. Ia menyatakan, bahwa ribuan kepala desa akan habis masa jabatannya pada tahun ini.

“Ada 7.000 kades yang masa jabatannya habis, sehingga pilkades harus dilaksanakan,” pungkas Surta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.

DJP Bantah 6 Juta Data NPWP Bocor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru