Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Meta Ikutan Buat Aplikasi Terdesentralisasi Seperti  Twitter dan Mastodon

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Meta dikabarkan sedang mengembangkan, sebuah aplikasi baru yang katanya mirip dengan Twitter dan Mastodon.  Menurut laporan Moneycontrol dan Platformer, aplikasi yang sedang dikembangkan Meta dengan kode internal P92.

Nantinya, pengguna bisa mengunggah update berbasis teks. Seperti Mastodon, aplikasi tersebut menggunakan protokol ActivityPub. Hal tersebut dikonfirmasi Juru bicara Meta, jika media sosial terdesentralisasi itu sedang digarap.

Sayangnya, informasi detail terkait fitur atau jadwal peluncurannya masih belum diungkapkan pihak Meta.

“Kami sedang menjajaki jejaring sosial terdesentralisasi yang berdiri sendiri untuk berbagi update teks. Kami meyakini ada peluang untuk ruang terpisah di mana kreator dan public figure bisa membagikan update tepat waktu tentang minat mereka,” katanya yang dikutip Holopis.com dari Engadget, Senin (13/3).

Proyek tersebut akan dipimpin, oleh Head of Instagram Adam Mosseri. Aplikasi P92 nantinya akan pakai branding dari Instagram, sehingga pengguna bisa buat akun dan login menggunakan kredensial Instagram yang mereka punya.

Aplikasi P92 ini merupakan aplikasi terdesentralisasi, memungkinkan para penggunanya mendirikan servernya sendiri dan menyusun aturannya sendiri untuk moderasi konten.

Sehingga, pengguna bisa mengunggah postingannya di server tersebut, namun belum diketahui apakah mereka bisa saling mengikuti akun lainnya.

Selain berbagi teks, media sosial ini akan memiliki fitur tambahan seperti link yang dapat di-tap untuk postingan dengan preview, foto dan video yang dapat dibagi, serta centang biru untuk verifikasi. Namun belum diketahui apakah pengguna bisa membayar untuk mendapatkan centang biru itu mengikuti program Meta Verified.

Pengguna juga bisa meninggalkan komentar dan mengirimkan pesan, tapi mungkin fitur ini tidak akan tersedia di aplikasi versi asal. Meta juga belum memutuskan apakah pengguna P92 nantinya bisa membagikan ulang postingan ala retweet di Twitter.

Moneycontrol mengatakan masih belum jelas apakah Meta sudah mulai mengembangkan aplikasi ini, atau masih dalam tahap perencanaan. Pastinya, pengembangan aplikasi ini masih dalam tahap awal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru