HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jerawat membandel merupakan musuh setiap orang, tidak ada yang menginginkan wajah atau punggung mereka dipenuhi jerawat, hal itu tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Tak jarang banyak orang melakukan berbagai macam cara serta, menggunakan banyak produk untuk menghilangkan jerawat dari bahan dan cara alami sampai yang paling ekstrem.

Sebelum mengetahui cara mengatasi jerawat membandel, kenali penyebabnya terlebih dahulu agar tidak sia-sia mengikuti tips yang dibagikan, berikut ini penyebab dan 4 cara atasi jerawat, seperti dikutip Holopis.com dari YouTube SB30, Kamis (9/3).

Penyebab Jerawat

Penyebab utama jerawat timbul di wajah maupun punggung adalah, akibat penumpukan bakteri atau jamur yang disebut candida pada usus dan saluran pencernaan anda. Itu sebabnya usus dan pencernaan sangat penting diperhatikan, agar terhindar dari jerawat membandel.

Sering konsumsi antibiotik, ternyata dapat berpengaruh juga loh! Pasalnya obat antibiotik dapat membunuh semua bakteri dalam tubuh. Dalam hal ini, mengonsumsi obat antibiotik bukan hanya membunuh bakteri jahat namun dapat membunuh bakteri baik pula, inilah yang kemudian memicu pertumbuhan jerawat pada wajah dan daerah tubuh lainnya.

Pemilihan makanan yang banyak mengandung gula, jarang disadari penyebab timbulnya jerawat membandel, hal ini terjadi karena mengkonsumsi makanan mengandung gula dapat mempercepat pertumbuhan candida atau bakteri penyebab jerawat. Sedangkan makanan tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran, jarang kita konsumsi, inilah yang semakin memicu pertumbuhan jerawat di wajah maupun area tubuh lainnya.

Jangan salah sobat Holopis ternyata penggunaan pil keluarga berencana (KB), juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat membandel, hal ini dipicu akibat efek penggunaan yang mengganggu hormon sehingga membuat mudah jerawat. Tak hanya itu konsumsi air yang dimasak atau rebus, juga penyebab timbulnya jerawat karena masih mengandung Clorin (CI) atau zat untuk memutihkan air, sehingga akan menimbulkan jerawat pada wajah dan area tubuh lainnya.

Tips Mengatasi Jerawat Membandel

1. Hindari 3 Jenis Makanan Ini

Makanan Tinggi Kadar Gula

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, konsumsi makanan yang mengandung tinggi gula akan memicu jerawat membandel. Gula akan sangat cepat membantu pertumbuhan jamur atau bakteri candida dalam usus dan pencernaan anda, karena itu akan sangat cepat memicu timbulnya jerawat membandel, maka hindarilah jenis makanan ini, selain itu makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat berbahaya bagi tubuh atau merusak tubuh.