Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PRT Ancam Mogok Makan Jika RUU PPRT Tidak Masuk Paripurna

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jala PRT (Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga) minta, agar DPR mendukung untuk pengesahan RUU PPRT (Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga).

RUU PPRT ini diperjuangkan untuk wong cilik, mayoritas perempuan dan pekerja miskin yang menjadi penopang berbagai aktivitas jutaan rumah tangga, tak terkecuali rumah para Anggota DPR.

“Kami semua adalah PRT, kami semua adalah para perempuan yang tidak akan berhenti jika para perempuan lain terdiskriminasi, dilecehkan dan dilukai. Kami berdiri bersama para PRT, karena melukai PRT sama saja melukai kami,” ujar Perempuan Mahardhika, Mutiara Ika dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/3).

Sementara itu, Koordinator Jala PRT, Lita Anggraini mengatakan akan melakukam aksi kembali menjelang rapat paripurna DPR yang rencananya berlangsung pada 14 Maret 2023.

Selama 3 (tiga) hari mulai dari 11 – 13 Maret 2023, mereka akan mendirikan tenda di depan DPR. Kemudian, jika RUU PPRT tidak dibawa ke rapat paripurna, para aktivis perempuan dan PRT akan melakukan mogok makan di depan gedung DPR.

“Jika sampai tanggal 14 Maret 2023 RUU PPRT tak juga dibawa ke Rapat Paripurna DPR, maka kami semua akan melakukan mogok makan di depan DPR,” kata Lita.

Sebelumnya diberitakan, Jala PRT (Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga), ikut merayakan Hari Perempuan Sedunia dengan menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI, pada Rabu 8 Maret 2023.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, diikuti ratusan peserta yang mayoritas adalah para PRT dan berbagai organisasi.

“Untuk aksi ini ada lebih dari 500-an kawan yang terdiri dari rekan-rekan PRT dan organisasi perempuan berbagai organisasi keagamaan,” kata Koordinator Jala PRT, Lita Angraeni di lokasi aksi unjuk rasa yang dikutip Holopis.com,  Rabu (8/3).

Ada beberapa isu yang dibawa Jala PRT, dengan isu besar yakni RUU PPRT (Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga).

Isu tersebut diangkat, karena menurut mereka para pekerja PRT rentan mendapatkan kekerasan fisik bahkan pelecehan oleh majikannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru