HOLOPIS.COM, JAKARTA – Meta dikabarkan akan mulai serius untuk mengembangkan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Bahkan, CEO Meta, Mark Zuckerberg akan membuat tim khusus untuk mengerjakannya.

Hal tersebut terungkap, dari postingan Mark di akun Facebook miliknya. Ia menyebutkan, jika Meta sudah punya tim yang dikhususkan membuat sebuah alat yang berbasis AI.

Termasuk ‘persona AI’ yang didesain untuk membantu orang dengan berbagai cara, dan juga di berbagai aplikasi serta layanan milik Meta.

Mark Zuckerberg juga merinci, bahwa AI yang akan dibuat tim khusus itu fokus pada pengalaman dalam bentuk teks semacam Messenger dan WhatsApp, lalu ada juga pengalaman dalam bentuk gambar (foto ataupun video) seperti filter kreatif Instagram dan format iklan.

Dikutip Holopis.com dari The Verge, Senin (6/3), tim khusus yang akan membuat AI Meta akan dipimpin VP Meta untuk AI dan machine learning, Ahmad Al-Dahle. Sebelumnya, ia pernah membuat pengalaman dalam bentuk gambar (foto ataupun video) seperti filter kreatif Instagram dan format iklan.

“Kami menciptakan kelompok produk baru di level tertinggi di Meta yang berfokus pada generative AI untuk menggenjot pekerjaan kami di area ini. Kami punya banyak pekerjaan dasar yang harus diselesaikan sebelum bisa mencapai pengalaman yang futuristik, namun kami sangat bersemangat atas semua hal baru yang akan dibangun sejalan dengan ini,” kata Mark.

Langkah tersebut dilakukan Meta, setelah OpenAI berhasil dengan AI buatnya yakni ChatGPT yang tidak membutuhkan waktu lama untuk meraih popularitas.

Namun, sebelum Meta umumkan akan membuat AI. Perusahaan teknologi besar seperti Google hingga Microsoft menambah investasinya ke OpenAI dan menggabungkan ChatGPT ke dalam Bing.