Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Menko PMK Segera Tindaklanjuti Arahan Jokowi Audit Seluruh Zona Bahaya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menegaskan, bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk mengaudit seluruh zona berbahaya yang dekat dengan pemukiman warga.

“Presiden menegaskan agar zona bahaya di sekitar obyek vital lainnya untuk diaudit,” kata Muhadjir dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (6/3).

Arahan tersebut, merupakan respon Presiden Jokowi atas peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang beberapa waktu lalu, yang menelan banyak korban jiwa.

Diketahui, Presiden Jokowi juga telah memerintahkan Menteri BUMN, Erick Thohir dan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi untuk mencari solusi supaya zona bahaya pemukiman di sekitar depo bisa ditangani dan tidak terjadi lagi kedepannya.

“Khusus untuk kasus Depo Pertamina Plumpang, Presiden menugaskan Menteri BUMN dan Pak Gubernur agar segera mengkaji alternatif untuk relokasi permukiman sekitar depo, atau pemindahan depo pertamina,” ungkap Muhadjir.

Adapun untuk bantuan berupa tenda darurat dan logistik kepada para korban terdampak kebakaran, Muhadjir memastikan pihaknya bersama sejumlah pihak terkait telah menyiapkannya.

“Selanjutnya terus dicek kebutuhan-kebutuhan lainnya, khususnya untuk perempuan dan anak,” jelasnya.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mengaudit seluruh zona berbahaya yang ada di Indonesia. Menurutnya, audit zona berbahaya tersebut sangat penting untuk dilakukan, karena menyangkut nyawa manusia.

“Tapi semuanya memang harus, zona-zona berbahaya ini, tidak hanya di sini (Depo Pertamina Plumpang) saja, harus diaudit, harus dievaluasi semuanya karena menyangkut nyawa,” kata Jokowi saat meninjau lokasi kebakaran.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru