Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Kostrad Tahun Ini Angkat Tema Disiplin, Militan, Profesional dan Dicintai Rakyat

HOLOPIS.COM, JAKARTA- Kostrad (Komando Strategi Angkatan Darat) diresmikan pada 6 Maret 1961, dan saat itu dipimpin oleh Mayjen TNI Soeharto yang menjabat sebagai Panglima KORRA 1 Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD).

HUT (Hari Ulang Tahun) Kostrad yang diperingati pada 6 Maret 2023, jadi peringatan yang ke- 62. Tema yang diusung tahun ini, yaitu “Disiplin, Militan, Profesional dan Dicintai Rakyat.”

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Kostrad, tujuan dibentuknya CADUAD karena saat itu pimpinan AD menganggap satuan militer yang bersifat mobile dengan kemampuan lintas udara (Linud) yang siap tempur diperlukan untuk tanah air.

CADUAD sendiri digagas oleh Kasad saat itu, yakni Jenderal AH Nasution. Pada tahun 1960, dikeluarkan skep Kasad No. KPTS.1067/12/1960 tgl. 27 Desember 1960.

Selain itu, masalah dengan Irian Barat yang saat itu jadi sengketa dengan Belanda. Jadi salah satu alasan dibentuknya CADUAD.

Lalu, pada 19 Desember 1961, Presiden Soekarno cetuskan Trikora yang berisi :
1. Gagalkan pembentukan negara Papua di Irian Barat
2. Kibarkan bendera merah putih di Irian Barat
3. Bersiap-siap untuk mengadakan mobilisasi umum.

Untuk melakukan operasi Trikora, KORRA I CADUAD diberi kepercayaan untuk membenaskan Irian Barat dari jajahan Belanda. Padahal, saat itu, KOBRA I CADUAD baru berusia 1 tahun.

Pasukan Kostrad
Pasukan Kostrad saat akan melaksanakan operasi Trikora. [Foto : militer.id]
Akhirnya, KORRA I CADUAD langsung menjalankan perintah yang diberikan dengan melakukan infiltrasi di daerah Fak-fak, Misoi, Wagiu, Serui, Sorong, dan Kaimani. Serangan dilakukan, dengan sasaran wilayah Biak, Jayapura.

Belanda akhirnya menyerah, dan Irian Barat dinyatakan bebas dengan berkibarnya bendera merah putih pada 1 Maret 1963.

Kemudian, CADUAD melanjutkan operasi ‘Wisnu Murti’, yang merupakan langkah untuk melakukan konsolidasi yang bersifat biner dan operasi Linud yang sifatnya tempur.

Selanjutnya, Mayjen TNI Soeharto membuat gagasan agar dibentuk pasukan cadangan strategis setelah berkaca dari pengalaman Mandala. Gagasan tersebut, disetujuau dengan keluarnya Skep Kasad No : KPTS 178/2/1963 tgl 19 Feb.196.

Melalui surat keputusan ini diputuskan bahwa KORRA I CADUAD resmi menjadi KOSTRAD. Tugas pokok dari Kostrad adalah melaksanakan operasi militer baik secara mandiri maupun sebagai bagian dalam suatu operasi gabungan dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Secara universal, tugas dari Kostrad adalah membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya serta menyelenggarakan operasi pertahanan tingkat strategis sesuai dengan arahan Panglima TNI. Untuk menjalankan tugas tersebut, Kostrad memiliki beberapa fungsi.

Fungsi utama Kostrad adalah menjalankan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan/atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP). OMP ini terdiri atas operasi gabungan, operasi matra darat, dan operasi bantuan. Sedangkan OMSP ini bisa bersifat tempur dan non tempur.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru