HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sering kali tubuh merasa lelah dan lemas, membuat tak ada semangat serta energi untuk menjalani hari. Hal ini merupakan hal yang sering terjadi ketika seseorang terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu secara berlebihan.

Namun perlu diketahui bahwa lelah bukanlah sesuatu yang baik bagi tubuh, tentunya hal ini akan menyusahkan dan menghambat pekerjaan seseorang. Maka penting untuk mengetahui apa saja penyebab, badan sering lelah secara berlebihan dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini telah penjelasan lengkap, pada melalui unggahan akun YouTube SB30Health oleh Dr. Sungadi Santoso, kami rangkumakan bagi sobat Holopis.com yang ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi rasa lelah yang sering dialami tubuh pada, Senin (6/3).

1. Kurang Istirahat

Saat membahas atau memiliki pertanyaan mengapa tubuh sangat mudah lelah, hal pertama dan menjadi penyebab umum badan lelah adalah kurang beristirahat. Hal ini terjadi akibat tubuh kita tidak dapat bekerja optimal saat kurang tidur dari durasi tidur yang disarankan, tidur 3 sampai 4 jam saja tidak akan cukup bagi tubuh yang telah seharian bekerja akibatnya kita akan mudah merasa lelah saat bangun dari tidur singkat.

Kualitas tidur yang buruk menyebabkan tubuh mudah lelah, maka tubuh wajib memenuhi durasi tidur yang cukup yaitu 7 sampai 8 jam pada malam hari. Jangan mengira bahwa tidur lebih dari waktu yang disarankan akan jauh lebih baik, hal ini justru memicu tubuh kita malas bergerak dan tidak memiliki semangat menjalani hari, hal inilah yang akan menimbulkan tubuh mudah lelah karena terus ingin berada di tempat tidur.

Adapun kurang tidur dapat disebabkan oleh insomnia, penderitanya akan sulit tidur pada malam hari sehingga memiliki kualitas tidur yang buruk. Jika  mengalami hal ini usahakan agar menghindari obat tidur berlebihan karena akan berdampak buruk saat digunakan secara berlebihan, anda bisa melakukan olahraga agar tubuh lebih mudah beristirahat,bagi yang kegemukan menurunkan berat badan adalah hal yang dianjurkan agar tubuh lebih sehat dan mudah terlelap saat malam hari, yang terakhir anda bisa melakukan terapi akupuntur untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh yang sulit tidur.

2. Kurang Nutrisi atau Gizi

Penyebab badan sering lelah salah satunya adalah kurang gizi maupun nutrisi dalam tubuh, pasalnya tubuh membutuhkan keduanya untuk tetap beroperasi dengan stabil dan baik agar terhindar dari kelelahan. Sel tubuh sangat membutuhkan asupan zat gizi baik makro maupun mikro, diet yang ketat bukanlah hal yang baik bagi tubuh karena itulah mengapa tubuh mudah lelah saat tidak makan maupun porsi makan yang cukup dikurangi.

Jika kerap kali merasa lelah, pusing, dan mata berkunang-kunang, disarankan agar memeriksa warna paleconjuctiva (bawah mata), kuku dan bibir karena jika pucat bisa saja anda mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin hal ini akan membuat tubuh terasa lebih lelah dan lemas sepanjang hari, hal ini terjadi akibat hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke otak sehingga penderita anemia akan lebih mudah lelah.

Adapun konsumsi makanan instan yang berlebihan dapat menyebabkan kurang gizi, akibat protein pembangun sel tubuh. Sehingga seseorang lebih mudah lelah, maka konsumsilah makanan instan seperti mie tidak berlebihan sehingga tubuh tidak kekurangan nutrisi maupun gizi yang cukup.

3. Dehidrasi

Kurangnya cairan tubuh akan sangat berpengaruh terhadap rasa lelah pada tubuh, pasalnya tubuh membutuhkan cairan untuk menjaga sistem sirkulasi agar berjalan dengan baik dan lancar menuju otak. Minum air putih sangat penting, hal ini karena bagian tubuh 70% terdiri dari cairan. Sehingga ketika kurang minum pengangkutan oksigen ke otak dan nutrisi pada sel-sel tubuh akan sangat terhambat dan membuat tubuh mudah lelah ketika kurang minum.

Cairan yang dibutuhkan oleh seseorang yang dianjurkan adalah 2 liter setiap harinya, namun cairan yang dibutuhkan dapat dihitung dengan cara mengalikan berat badan dengan 40cc/40ml misalnya, ketika berat badan 50 x 40ml maka konsumsilah 2 liter setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi penyebab kelelahan.

4. Aktivitas Fisik Berlebihan

Melakukan aktivitas yang berlebihan, tentu saja akan memicu rasa lelah. Hal ini dapat terjadi akibat terlalu memaksa tubuh melakukan sesuatu secara berlebihan dan terus-menerus, bahkan tidak ada waktu istirahat bagi tubuh yang menimbulkan rasa lelah. Mengurangi aktivitas adalah bentuk menghargai diri, agar terhindar dari rasa lelah dan membiarkan tubuh beristirahat.

Jika tidak terbiasa olahraga, dan hanya melakukannya sekali hal ini dapat memicu lelah pada hari-hari setelahnya akibat tubuh yang tidak terbiasa beraktivitas lebih. Maka sangat dianjurkan berolahraga sebaiknya dilakukan bertahap agar tidak lelah akibat aktivitas berlebihan Fisik. Kurangi jam aktivitas dan perbanyak waktu istirahat cukup akan mengurangi lelah pada tubuh.

5. Stress Berlebihan

Pikiran berlebihan atau stress adalah salah satu hal yang melelahkan bagi tubuh, aktivitas ini akan merusak sistem tubuh kita karena pikiran yang berat dan berlebihan. Wajar rasanya ketika seseorang stress ataupun memikirkan sesuatu, namun ada baiknya berpikir sewajarnya untuk kemajuan diri dan bukan stress berlebihan.

Penyebab lelah akibat stress adalah, sistem hormonal serta imun yang kurang dan juga terus dipaksa untuk berfikir lebih terhadap sesuatu. Jadi imbangilah antara pekerjaan, istirahat, serta refreshing agar tubuh terhindar dari stress dan berpikir lebih, hal ini juga bertujuan agar tubuh kita terhindar dari lelah akibat banyak aktivitas otak yang tidak sehat.

Kurangilah setiap aktivitas yang kerap kali mengundang lelah pada tubuh, sayangilah tubuh sobat Holopis.com dengan cara memperhatikan apa yang dibutuhkan untuk kesehatan dan memanjakan dengan hal-hal yang kita sukai. Hal ini akan membuat tubuh jauh lebih rileks dan terhindar dari kelelahan.