Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kemensos Turun Tangan Bantu Penuhi Kebutuhan Korban Kebakaran Plumpang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan berupaya membantu memenuhi kebutuhan korban terdampak kebakaran Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (3/3).

Romal Sinaga selaku Kepala Biro humas Kemensos menyampaikan bahwa kini sudah turut menerjunkan personel Taruna Siaga Bencana untuk proses assesmen.

“Tim Kemensos melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jakarta Utara dan tagana Task Force kini sudah ada di lokasi kebakaran Plumpang untuk melakukan assesmen kebutuhan warga terdampak, khususnya terkait logistik pemenuhan kebutuhan dasar seperti makanan, minuman hingga pakaian dan kebutuhan shelter sementara berupa tenda pengungsian,” ungkap Romal, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Sabtu (4/3).

Kemudian, proses assesmen juga akan dilakukan terutama kepada korban terdampak usia rentan seperti anak-anak, lansia hingga penyandang disabilitas.

“Kemensos juga nantinya akan memberikan Layanan Dukungan Psikosial (LDP) selama tanggap darurat dan pasca kejadian,” ujarnya.

Diketahui, kebakaran pipa Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam kemarin tentu mengejutkan banyak pihak.

Untuk korban kebakaran Plumpang itu sendiri, terbaru saat ini sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 49 orang luka-luka.

Lokasi pengungsian pun sudah disediakan Pemprov DKI Jakarta, dimana Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 5 lokasi pengungsian korban terdampak kebakaran Plumpang.

Selain lokasi pengungsian, rumah sakit juga dipersiapkan Pemprov DKI.

“Berikutnya evakuasi bagi yang perlu perawatan rumah sakit kita persiapkan semua rumah sakit dan dibantu tentunya oleh pak Kapolda dan seluruh jajaran dan pak Pangdam juga,” ucap Heru.

Sementara terkait penyebab terjadinya kebakaran Plumpang, sampai saat ini masih dalam proses pengusutan oleh Polda Metro Jaya.

“Belum nanti belum, kan labfor masih bekerja. Semuanya nanti. Besok ada posko kita akan update semuanya,” ucap Kapolda Metro Jaya, Fadil Imran saat meninjau lokasi kebakaran Plumpang bersama Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono dan lain-lain.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru